Siapkan Rencana Kerja Pemerintah 2024, Ini Pesan Bupati Khairunas

RKPD Solok Selatan
Bupati Solok Selatan, pada pembukaan forum komunikasi publik.

Padang Aro, Kurenah.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Solok Selatan untuk 2024.

Meski demikian, RKPD ini masih membutuhkan banyak masukan dari berbagai pihak.

Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan sepanjang 2022 lalu kinerja pemerintah sudah banyak yang melampaui target dalam RPJMD Pemerintah Daerah 2021-2026.

Untuk itu bupati berharap agar di tahun-tahun berikutnya menjadi semakin baik, terdapat beberapa hal yang harus menjadi perhatian.

Pertama, kepada seluruh perangkat daerah dalam menyusun rencana kerja 2024 harus mengacu pada RPJMD Kabupaten Solok Selatan 2021-2026 dalam upaya pencapaian visi dan misi serta program unggulan bupati dan wakil bupati.

Itu dikatakan Khairunas dalam pembukaan Forum Konsultasi Publik RKPD 2024, Rabu (1/2/2023).

Pesan kedua adalah untuk memastikan agar program dan kegiatan yang akan dilaksanakan adalah program prioritas,dan bisa dituntaskan dalam satu tahun anggaran atau minimal selesai hingga penghujung periode RPJMD.

Baca Juga  Pemkab Solok Selatan Jalankan Lagi Program Satu Keluarga Satu Sapi, Ini Harapan Bupati

Ketiga, karena kondisi pendapatan daerah terbatas dan tingkat ketergantungan daerah dalam pembiayaan pembangunan terhadap dana transfer.

Bupati mengingatkan kepala OPD untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam penggunaan anggaran, serta memprioritaskan pelaksanaan program dan kegiatan di dalam daerah.

Mengimbau seluruh OPD untuk berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan serta terus berupaya memaksimalkan pendanaan pembangunan lainnya seperti DAK, program provinsi dan pusat serta peluang lainnya yang dibolehkan oleh peraturan perundang-undangan.

Forum Konsultasi Publik ini diadakan untuk mendapatkan masukan dari masyarakat untuk mempertajam atau memperbaiki tema, prioritas, sasaran serta arah kebijakan pembangunan yang merupakan bahan untuk penyempurnaan rancangan RKPD 2024.

Baca Juga  Bupati Solok Selatan Minta Satuan Keamanan Lingkungan Diaktifkan di Seluruh Jorong

Dengan adanya rumusan dari forum ini nantinya akan diperoleh kesepakatan dan penyampaian informasi kepada masyarakat terkait isu strategis, tema, prioritas, sasaran, dan arah kebijakan pembangunan yang akan dilaksanakan pemerintah tahun depan. (alwis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *