Indra Sjafri, Sahabat Mantan Kapolda Sumbar itu Sering Blusukan Mencari Pemain

Indra Sjafri, Sahabat Mantan Kapolda Sumbar itu Sering Blusukan Mencari Pemain
Pelatin Indra Sjafri

Padang, Kurenah.com – Indra Sjafri kembali menoreh prestasi, dengan mengantarkan Timnas Indonesia U-22 juara Sea Games 2023. Indonesia Juara. Indonesia Menang.

Anak-anak asuh putra Lubuk Nyiur, Kecamatan Batang Kapeh, Pesisir Selatan, Sumatera Barat itu, berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan Thailand di final, Selasa (16/5/2023) dengan skor 5-2.

Dua gol tim asuhan Indra Sjafri diborong Ramadan Sananta di babak pertama.

Pada babak kedua, Indonesia sempat kebobolan oleh Thailand lewat aksi Anan Yodsangwal. Thailand kemudian menyamakan skor di masa injury time menjadi 2-2, lewat gol Yotsakon Burapha. Laga lanjut ke babak tambahan.

Di masa enjuri time, Indonesia mendapat gol ketiganya. Irfan Jauhari mencetak gol ketiga Indonesia, dan gol keempat dicetak Fajar Fathur Rachman, serta Beckham Putra ikutan mencatatkan namanya di papan skor. Gol terakhir disumbang memastikan kemenangan 5-2 sampai peluit panjang berbunyi.

Kemenangan itu membuat Indonesia mendulang medali emas di SEA Games 2023. Medali emas sepakbola akhirnya kembali diraih setelah menanti 32 tahun.

Baca Juga  Timnas Argentina Siap Melawan Indonesia, Scaloni Terkesan dengan Gelora Bung Karno

Indra Sjafri memang fenomenal dalam sepakbola usia muda. Putra Lubuk Nyiur, Pesisir Selatan, Sumatera Barat itu merupakan pelatih lokal tersukses bersama timnas. Sebab, dia telah memberikan prestasi dan tropi untuk Indonesia.

Indra Sjafri merupakan pelatih yang melambung namanya setelah memimpin Timnas Indonesia U-19 juara Piala AFF untuk pertama kalinya di Sidoarjo. Bukan cuma itu, dia juga membawa Timnas U-22 juara Piala AFF, yang juga merupakan untuk pertama kalinya bagi Indonesia.

Nama Indra Sjafri kian melambung, ketika Evan Dimas dan kawan-kawan kalahkan Korea Selatan dalam penyisihan grup Piala Asia U-19 di GBK, Jakarta. Terakhir, Indra Sjafri membawa timnas ke final Sea Games, kendati gagal meraih emas setelah dikalahkan Vietnam.

Di era kepemimpinan Iwan Bule di PSSI, Indra ditunjuk jadi direktur teknik. Kini, mantan pegawai Pos Indonesia itu kembali tukangi tim nasional.

Indra Sjafri merupakan pensiunan PT Pos dan dulu bekerja di Padang. Karir sepakbolanya bersama PSP Padang. Ketika itu ia bermain bersama Irjen Pol. Fakhrizal, mantan Kapolda Sumatera Barat.

Baca Juga  Indonesia Jamu Vietnam, Ini Jadwalnya

Sebagai pelatih, Indra dikenal sering blusukan dalam mencari pemain berbakat ke segenap penjuru Indonesia.

PSSI menunjuk Indra Sjafri sebagai pelatih di SEA Games Kamboja 2023. Penunjukkan Direktur Teknik PSSI ini berdasarkan hasil rapat Komite Eksekutif PSSI pada 30 Januari 2023. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *