Bupati Agam Panen Bawang Merah di Jorong Koto Baru

Bupati Agam Panen Bawang Merah di Jorong Koto Baru
Bupati Agam, Andri Warman, kadis dan anggota kelompok tani bawang merah.

Agam, Kurenah.com – Bupati Agam, Andri Warman, hadiri panen bawang merah di Lahan Kelompok Tani Tunas Bawang Merah, Jorong Koto Baru, Nagari Kubang Putiah, Kecamatan Banuhampu, Selasa (20/6/2023).

Bupati didampingi Kadis Pertanian, Afniwirman, Camat Banuhampu, Susi Karmila, Walinagari Kubang Putih, Magdavera dan pemilik lahan, Zulhendri.

Pemilik lahan, Zulhendri mengatakan, Kelompok Tani Tunas Bawang Merah merupakan kelompok yang masih pemula yang belum punya pengalaman dan kemampuan yang cukup.

Untuk itu, Zulhendri berharap agar Pemerintah Kabupaten Agam, penyuluh dan Dinas Pertanian memberikan bimbingan kepada kelompok tersebut.

“Kami harap dengan bimbingan dari Pemda Agam, penyuluh dan Dinas Pertanian yang nantinya akan dapat membantu hasil cocok tanam bawang kami untuk ke depannya lebih maksimal lagi,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Afniwirman mengatakan, kelompok tani tersebut berasal dari keinginan dari beberapa pertani bawang sekitar yang dikemas dalam bentuk kelompok.

Baca Juga  Bupati Agam Dorong Perantau Maksimalkan Peran Bangun Daerah

Dijelaskannya, untuk membentuk suatu kelompok tani harus memenuhi beberapa syarat sebelum disahkan oleh walinagari.

Adapun beberapa syarat tersebut diantara harus memiliki membentuk kelompok berdasarkan musyawarah, memiliki anggota dari masyarakat sekitar, ilmu dalam becocok tanam dan disahkan dengan surat keputusan (SK) walinagari.

Sementara itu, Bupati Agam meminta kelompok tani tunas bawang merah segera mengurus syarat dan perizinan agar kelompok tersebut nantinya bisa disahkan.

“Saya menyambut baik dan berharap kelompok ini bisa segera dilegalkan dan menjadikan komoditi pertanian bawang merah di Kabupaten Agam semakin sukses,” ucapnya.

Bupati Agam juga mengimbau kepada para petani untuk dapat menambah ilmu tentang pertanian dan kepada penyuluh-penyuluh pertanian yang ada diharapkan untuk membimbing dan membina para petani di lapangan

Baca Juga  Menteri Pertanian Puji Bawang Merah Solok, Dalam 2 Tahun Berhasil Saingi Jawa

“Saya yakin dengan adanya kerjasama antara kita semua baik dari penyuluh, pemerintah dan petani maka, sektor pertanian di Kabupaten Agam akan lebih berkembang dan meningkat dalam menyejahterakan masyarakat,” ucapnya. (vn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *