Sumbar  

Gubernur Sumbar Bagikan Kunci Sukses kepada Petugas TPHD

Gubernur Sumbar Bagikan Kunci Sukses kepada Petugas TPHD
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah berbagi kiat sukses dalam pelaksanaan tugas kepada Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

Padang, Kurenah.com – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah berbagi kiat sukses dalam pelaksanaan tugas kepada Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

Menurutnya, setiap TPHD harus memiliki sifat fahris, farrih, fa’lam, fahsin dan fahfir.

Ia mengurai makna dari masing-masing poin tersebut, pertama fahris artinya TPHD harus memiliki semangat, kedua farrih artinya mereka harus bahagia dalam menjalankan tugas, ketiga fa’lam artinya harus berilmu, keempat fahsin TPHD harus beretika/berakhlak, dan yang kelima fagfir artinya TPHD mesti melakukan evaluasi secara berkala terhadap kinerjanya agar kinerjanya semakin baik waktu ke waktu.

“Selain itu, agar pelayanannya prima konsep 5 S (senyum, salam, sapa, sopan & santun) juga harus dijalankan oleh seorang TPHD kepada para jemaah haji,” ucap Gubernur Mahyeldi saat acara silaturahim bersama TPHD Sumbar tahun 2023, Minggu (4/6/2023).

Baca Juga  Baznas Pessel Tetapkan Besaran Zakat Fitrah dan Fidiyah, Ini Rinciannya

Gubernur menegaskan TPHD adalah orang terpilih yang diberikan amanah untuk membantu para jemaah selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci, laksanakanlah tugas tersebut dengan serius dan sepenuh hati sesuai dengan amanah dan tanggung jawab yang dibebankan dipundak saudara.

Sementara itu, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Prov. Sumbar, Al Amin, mengatakan menurut data dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) kuota haji Indonesia tahun 2023 ini berjumlah sebanyak 221.000 orang jemaah, dengan rincian 203.320 orang jemaah haji reguler dan 17.680 jemaah haji khusus.

Adapun untuk petugas pendamping, tahun ini totalnya sebanyak 4.200 kuota se Indonesia. Dimana sebahagian diantaranya adalah TPHD Prov. Sumbar.

Ia berharap keberadaan para petugas haji dapat membantu peningkatan kualitas layanan terhadap jemaah. Menurutnya kehadiran petugas tersebut adalah bentuk perhatian Pemprov Sumbar untuk para jemaah haji asal sumbar.

Baca Juga  Sembilan Negara Pelajari Buku KIA di Sumbar, Gubernur: Kesehatan Ibu dan Anak adalah Prioritas

“Salah satu tanggungjawab dari petugas haji adalah memberikan pelayanan pada jemaah, layanilah para tamu Allah tersebut dengan sepenuh hati,” ajak Al Amin. (adpsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *