Melihat Interior Kapal Selam Tur Titanic, Hanya Seluas Kabin Tidur dalam Sebuah Kapal Pesiar

Melihat Interior Kapal Selam Tur Titanic, Hanya Seluas Kabin Tidur dalam Sebuah Kapal Pesiar
Kapal selam Titan.

KURENAH.COM – Kapal selam kecil bernama Titan yang saat ini sedang dicari adalah kapal selam yang dioperasikan oleh perusahaan OceanGate Expeditions.

Sebelum melakukan penyelaman, kelima penumpangnya harus dikunci di dalam kapal oleh kru pendukung dari luar yang menyegelnya dengan menggunakan sejumlah baut.

Titan adalah satu-satunya kapal selam berawak swasta yang memiliki kemampuan untuk mencapai kedalaman 4.000 meter di bawah permukaan laut, dan tujuan utamanya adalah untuk mengunjungi bangkai kapal Titanic yang berada sekitar 3.800 meter di bawah permukaan laut.

Kapal selam ini memiliki dimensi yang sangat sempit, dengan ukuran sekitar 670 cm x 280 cm x 250 cm. Kapal ini hanya dapat membawa satu pilot dan empat penumpang, yang diharuskan duduk di lantai dengan ruang yang terbatas untuk bergerak.

Di bagian depan kapal terdapat jendela berkubah besar yang memberikan pandangan luas, dan dinding kapal selam ini dapat menghangatkan diri mengingat suhu laut yang dingin di kedalaman tersebut.

Titan dilengkapi dengan lampu luar yang menerangi bangkai kapal Titanic, serta beberapa kamera 4K, pemindai laser luar, dan sonar untuk memetakan bangkai kapal tersebut.

Baca Juga  Serangan Drone Terus Mengguncang Moskow, Keterlibatan Ukraina Disoroti

Dari dalam kapal, penumpang dapat melihat gambar bangkai Titanic yang hancur di layar dan memeriksa data yang dikumpulkan di beberapa tablet.

Mengemudikan kapal selam Titan didasarkan pada instruksi yang diterima melalui sistem pesan teks khusus dari tim di kapal pendukung yang berada di permukaan. Pilot menggunakan pengontrol video game yang dimodifikasi untuk mengendalikan kapal.

Keamanan kapal selam Titan sangat penting karena tekanan yang dihadapi pada kedalaman tersebut. OceanGate memiliki sistem pemantauan lambung kapal yang memungkinkan mereka untuk memeriksa perubahan tekanan dan memastikan integritas struktural kapal.

Sebelum penyelaman, penumpang dan pilot dikunci di dalam kapal dan palka ditutup dari luar, kemudian disegel dengan 17 baut.

OceanGate menegaskan bahwa Titan bukanlah kapal yang disertifikasi oleh lembaga independen, dan setiap orang yang ingin ikut serta dalam ekspedisi harus menandatangani pernyataan yang menyadari risiko yang terkait dengan penyelaman tersebut.

Baca Juga  Warga Sijunjung Disekap dan Disiksa di Myanmar, Ini Curahan Hati Sang Ibu

Pelanggan tidak diharuskan memiliki pengalaman menyelam sebelumnya, karena OceanGate menyediakan pelatihan daring sebelum keberangkatan. Namun, pelanggan harus memenuhi persyaratan usia minimum, mampu bertahan dalam ruang yang terbatas untuk waktu yang lama, dan mampu menaiki tangga.

Seluruh penumpang juga akan mendapatkan pengarahan keselamatan dan sesi orientasi sebelum melakukan penyelaman.

OceanGate memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk terlibat dalam ekspedisi tersebut, seperti bekerja dengan tim komunikasi atau membantu pilot dalam navigasi kapal. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *