Pembangunan Masjid Sirah di Kawasan Pantai Tiku Dimulai, Bupati Agam Letakan Batu Pertama

Pembangunan Masjid Sirah di Kawasan Pantai Tiku Dimulai, Bupati Agam Letakan Batu Pertama
Bupati Agam, Andri Warman, bersama rombongan tinjau lokasi pembangunan Masjid Sirah di kawasan Pantai Tiku, Selasa (27/6/2023).

Tiku, Kurenah.com – Pemkab Agam memulai pembangunan Masjid Sirah dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Andri Warman, Selasa (27/6/2023) di kawasan pantai Tiku.

Pembangunan masjid tersebut merupakan salah satu program bupati Agam dalam rangka pengembangan pariwisata.

Masjid Sirah yang menjadi impian orang nomor satu di Agam ini bakal menjadi ikon wisata baru di Tanjung Mutiara tersebut menelan anggaran sebesar Rp10, 8 miliar dengan memanfaatkan dana APBD tahun 2023 untuk tahap pertama.

Masjid Sirah itu dibangun di kawasan Muaro Mati, Nagari Tiku Selatan ini mendapat respon positif dari banyak kalangan di Kabupaten Agam.

Peletakan batu pertama masjid Sirah tersebut dihadiri banyak kalangan, diantaranya tokoh-tokoh masyarakat Agam, anggota dewan, unsur forkopimda Agam, kepala OPD,camat dan masyarakat setempat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Edi Busti, menjelaskan proses pembangunan Masjid Sirah ini dibagi menjadi beberapa tahap.

Baca Juga  Tak Akur, Irwan Fikri Mengundurkan Diri Sebagai Wakil Bupati Agam

“Tahun ini, untuk pembangunan Masjid Sirah dianggarkan lebih kurang sebesar Rp10 miliar,” jelasnya.

Dikatakan, tahap pertama ini ada beberapa item pembangunan seperti bangunan masjid, tempat wuduk dan halaman parkir.

Tahun berikutnya dilanjutkan dengan pembangunan menara masjid dan pengembangan kawasan wisata lainnya.

“Dalam perencanaannya, secara keseluruhan, pembangunan Kawasan Wisata Masjid Sirah ini menghabiskan anggaran lebih kurang sebesar Rp60 miliar,” rincinya.

Sementara itu, Bupati Agam, Andri Warman, ucapkan terimakasih kepada tokoh masyarakat serta seluruh pihak yang telah memberikan dukungan terhadap pembangunan Masjid Sirah di Tiku.

“Dengan dibangunnya Masjid Sirah ini, semoga ke depan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Selain dapat meningkatkan perekonomian, diharapkan keberadaan masjid ini juga dapat meningkatkan ibadah masyarakat serta menjadi salah satu icon wisata religi.

Baca Juga  Soal Pencemaran Air Danau Maninjau, Pemkab Agam Harus Full Power

“Diharapkan Masjid Sirah ini menjadi Ikon Kabupaten Agam, sehingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Agam dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Setelah prosesi peletakan batu pertama masjid sirah, Andri Warman, beserta rombongan meninjau lokasi pembangunan Masjid Sirah. (vn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *