Pengurus PWI Padang Pariaman Dilantik, Basril Basyar Minta Kompetensi Insan Pers Ditingkatkan

Pengurus PWI Padangpariaman Dilantik, Basril Basyar Minta Kompetensi Insan Pers Ditingkatkan
Ketua PWI Sumbar, Basril Basyar menyerahkan pataka pada ketua PWI PdgPariaman/Pariaman, Ikhlas Bakhri, saat pelantikan, Senin (26/6/2023).

Pariaman, Kurenah.com – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman masa bakti 2021-2024 resmi dilantik oleh Ketua PWI Provinsi Sumatera Barat, Basril Basyar.

Pelantikan pengurus PWI Padang Pariaman/Pariaman yang dinahkodai Ikhlas Bakhri (Ketua) bersama Idham Fadhli (Sekretaris) dan Armaidi Tanjung (Bendahara) berlangsung di Hall Saiyo Sakato (eks Kantor Bupati Padang Pariaman), Senin (26/6/2023).

Hadir juga dalam acara itu, Walikota Pariman, Genius Umar, Bupati Padang Pariaman diwakilil Plh Sekda Zahirman, masing-masing Ketua DPRD Kota Pariaman Harpen Agus Bulyandi, dan Kabupaten Padang Pariaman Arwinsyah, Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman, Noviardi, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Padang Pariaman Zahirman.

Sementara itu pengurus PWI Provinsi yang ikut menghadiri pelantikan, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Sawir Pribadi, Sekretaris Firdaus Abie, Bendahara Jayusdi Effendi serta mewakili Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP), Emil Mahmudsyah.

Rombongan PWI Provinsi yang ikut mendampingi Ketua dan Sekretaris Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) PWI. Hj. Iva Tureyza Idroes, dan Nina Frdaus.

Ketua PWI Sumatra Barat, Basril Basyar ucapkan selamat atas pelantikan pengurus PWI Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman periode 2021-2024.

Ia mengingatkan kepada pengurus yang telah dilatik hendaknya menjalankan program kerja, serta meningkatkan kapasitas dan kompetensi insan pers.

“Semoga dengan pengurus yang baru ini dapat melanjutkan program PWI kedepannya dan mengemban amanah yang diberikan serta dapat mensejahterakan anggota PWI Padang Pariaman dan Pariaman,” sebut Basril.

Baca Juga  13 Tahun Hidup dengan Lampu Togok, Nabila Diejek Teman Sekolahnya

Ia juga ucapkan terima kasih banyak ke Pemkab Padang Pariaman dan Pemko Pariaman yang senantiasa membantu PWI diwilayahnya masing-masing.

“Kami berharap, kerjasama pemerintah setempat memberikan inovasi kedepannya untuk perkembangan PWI di Piaman Laweh,” sebut dia.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengucapkan, selamat kepada pengurus PWI yang baru saja dilantik, mudah-mudahan dengan dikukuhkannya pengurus yang baru dapat memberi berkah untuk Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman ke depannya.

Ia menyebutkan, kemitraan antara pemerintah daerah dengan insan pers sangat penting. Menurutnya, fungsi pers yakni sebgai kontrol sosial serta media untuk mensosialisasikan program kerja pemerintah daerah setempat.  

“Wartawan itu adalah bridge (jembatan) antara masyarakat dan pemerintah. Wartawan harus memberikan aura positif, optimisme serta membangkitkan partisipasi masyarakat untuk ikut serta membangun daerahnya,” sebut Genius.

Genius mengapresiasi peran wartawan di wilayah yang ia pimpin, meskipun dengan keterbatasan anggaran akibat pandemi covid-19 kemarin namun rekan-rekan media terus membantu pemerintah dalam membangun daerah.

Genius juga mengimbau dinas terkait untuk membangun komunikasi dan kerjasama yang baik dengan rekan-rekan media.

Kita berharap, semoga program yang dibuat oleh pengurus PWI yang baru ini bisa selaras dengan program pemerintah sehingga dapat mempercepat pembangunan Kota Pariaman kedepannya.

Ketua PWI Padang Pariaman/Kota Pariaman, Ikhlas Bakri menyampaikan apresiasi atas semangat yang dimiliki oleh anggota daerah. Utamnya, tekad untuk memajukan organisasi PWI dan keberadaannya dapat menjadi mitra bagi pemerintah daerah serta stakeholder lainya.

Baca Juga  Gubernur Salurkan 75,8 Ton Beras untuk Warga Pdg.Pariaman Terdampak Banjir

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Syafrial Suger menyebutkan, meskipun pelantikan sedikit terlambat dilakukan, namun para pengurus sudah bekerja. Tugas utama pengurus PWI itu adalah merekrut anggota baru yang berkulitas dan mengkaderkan wartawan muda untuk bisa mengikuti ujian kompetensi wartawan (UKW).

“Selain pelantikan pengurus, pada hari ini PWI Padang Pariaman/Kota Pariaman melaksanakan Rapat Kerja Pengurus dan Kerja Latihan Wartawan (KLW),” sebut dia.

Berselang sesi pertama agenda pelantikan, yang dimulai pukul 10.30 WIB hingga pukul 12.30 WIB disusul kehadiran Bupati Suhatri Bur di tempat acara, menyampaikan sambutannya.

Menurut Suhatri Bur, peran pers memang tidak dapat diabaikan dalam mendukung program kerja pemerintah daerah.

Seusai pelantikan kemudian, dilanjutkan agenda Rapat Kerja Pengurus PWI Padang Pariaman/Kota Pariaman, yang dipimpin Ketua Ikhlas Bakri bersama anggotanya, menyepakati kosolidasi internal kepengurusan.

Terakhir, agenda Karya Latihan Wartawan (KLW), yang diikuti belasan calon bagi anggota PWI, guna dibekali seputar pengetahuan dan wawasan jurnalistik, serta kode etiknya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *