Vladimir Putin Tuduh Kepala Tentara Bayaran Wagner Mengkhianati Rusia, dan Mengancam Hukuman Bagi Pengkhianat

Vladimir Putin Tuduh Kepala Tentara Bayaran Wagner 'Mengkhianati' Rusia dan Mengancam Hukuman Bagi Pengkhianat
Presiden Rusia, Vladimir Putin.

KURENAH.COM – Pidato Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengenai ‘pemberontakan bersenjata’ yang dilakukan oleh Yevgeny Prigozhin, kepala kelompok tentara bayaran Wagner, dan pasukannya, telah menghebohkan.

Putin mengecam tindakan Prigozhin sebagai ‘pengkhianatan’ dan memberikan jaminan untuk melindungi rakyat dan kepentingan Rusia.

“Dalam pandangan saya, setiap orang yang menggunakan kekerasan melawan militer adalah pengkhianat,” tegas Putin.

“Saya akan melakukan segala upaya untuk melindungi Rusia. Kepala kelompok Wagner telah ‘mengkhianati’ Rusia demi ambisi pribadinya,” ujar Putin dalam pidatonya, seperti yang dikutip dari laporan AFP pada Sabtu (24/6/2023).

Putin mengancam akan memberikan hukuman bagi mereka yang terbukti mengkhianati.

Pidato ini disampaikan setelah Prigozhin memberikan pidato publik pertamanya dari markas besar Distrik Militer Selatan di Rostov-on-Don, yang saat ini sepenuhnya dikuasai oleh pasukan Wagner PMC.

Baca Juga  Duh! Perang Israel-Hamas Meletus Lagi di Gaza, Ratusan Orang Tewas

Sebelumnya, Prigozhin telah mengumumkan niatnya untuk menggulingkan kepemimpinan militer Rusia, dengan tuduhan bahwa mereka telah memerintahkan serangan rudal yang menyebabkan tewasnya sejumlah anggota pasukannya.

Prigozhin menuduh Kepala Staf Umum Militer Rusia, Valery Gerasimov, sebagai otak di balik serangan tersebut terhadap unit-unitnya, meskipun mereka sedang berpindah antara kendaraan sipil. Ia mengklaim bahwa serangan tersebut telah menyebabkan kematian sekitar 2 ribu anggota pasukannya.

Selain itu, Prigozhin juga telah berulang kali mengeluhkan bahwa militer Rusia gagal memasok pasukan Wagner dengan amunisi yang cukup untuk merebut kota Bakhmut di Ukraina, dan mengancam akan menarik pasukannya.

Sebelumnya, seorang jenderal tinggi Rusia telah menyerukan kepada Yevgeny Prigozhin, pemimpin kelompok Wagner, untuk menghentikan upayanya dalam menggulingkan kepemimpinan Kementerian Pertahanan Moskow, memperburuk eskalasi konflik yang telah berlangsung lama.

Baca Juga  Santa Cruz del Islote Pulau Terpadat di Dunia, di Indonesia Ini Pulau Terpadat Penduduknya

“Saya mendesak Anda untuk berhenti. Musuh hanya menunggu situasi politik di negara kita memburuk. Sebelum terlambat, sangat penting dan diperlukan untuk menghormati kehendak dan perintah Presiden Rusia yang dipilih secara populer,” tegas Sergei Surovikin, komandan pasukan udara Rusia, dalam pidato video yang tak biasa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *