Sumbar  

20 Mahasiswa dan Pemuda Sumbar Dicetak Menjadi Pegiat Conten Kreatif untuk Menyuarakan Karakter Indonesia

20 Mahasiswa dan Pemuda Sumbar Dicetak Menjadi Pegiat Conten Kreatif untuk Menyuarakan Karakter Indonesia
Pelatihan karakter ID bertajuk suarakan Indonesiamu di Padang, Rabu (5/7/2023).

Padang, Kurenah.com – Ketua FKPT (Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme) Sumbar, Adil Mubarak, mengatakan masyarakat tidak boleh lengah menyikapi berbagai kasus sikap intoleran dan aksi teror yang masih marak di berbagai wilayah.

“Ini menandakan bibit-bibit radikalisme tetap perlu kita waspadai. Kelompok radikal tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional tetapi sudah memanfaatkan teknolgi internet dan media sosial,” ungkap Adil Mubarak ketika membuka Pelatihan Karakter ID bertajuk Suarakan Indonesiamu di Padang, Rabu (5/7/2023).

Pelatihan Karakter ID (Kampus Rakyat Terpilih Indonesia), diselenggarakan bersama oleh FKPT Sumbar dan BNPT RI. Pelatihan diikuti 20 peserta yang lolos seleksi untuk memiliki keterampilan memanfaatkan media sosial dengan konten-konten kreatif berbasis podcast.

Menurut Ketua FKPT Sumbar, keterlibatan pemuda pada kegiatan ini merupakan program yang strategis untuk mengisi ruang-ruang media sosial sebagai bentuk kontra narasi melalui podcast yang akan dibuat oleh peserta.

Baca Juga  Muhammadiyah Siap Bersinergi dengan Pemkab Tanah Datar

Direktur Pencegahan BNPT RI diwakili Kepala Seksi Pengawasan Jaringan Eldi Bisma Putra Mahendra, mengingatkan radikalisme terorisme perlu diwaspadai sebab gerakan kelompok ini sangat aktif menyasar hampir semua lini generasi, terutama pemuda. Karena itu BNPT RI bersama FKPT Sumbar mengajak pemuda terpilih untuk diberikan pendidikan dan pelatihan.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari 5-6 Juli 2023 di Hotel Grand Zuri Kota Padang. Narasumber pada kegiatan ini terdiri dari nara sumber BNPT Eldi Bisma dan narasumber nasional pegiat media sosial Tyo Prasetio, seorang podcaster nasional yang akan melatih para peserta dalam menyiapkan conten-conten podcast dan akan diikutkan dalam lomba video podcast tingkat nasional. Selain itu juga terdapat narasumber daerah Dr. Djamil, dosen UIN Imambonjol Padang.

Baca Juga  Realisasi Anggaran Tepat Sasaran, APBD Awal Kab.Solok pada 2023 Rp1,2 Triliun

Kegiatan ini juga melibatkan mitra FKPT dari Duta Damai Sumatera Barat. Hadir dalam acara pembukaan Ketua Duta Damai Sumbar Nur Aini bersama empat pengurus yang juga dilibatkan sebagai peserta. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *