Sumbar  

Gubernur Sumbar Ajak ASN Tingkatkan Kompetensi Bahasa Inggris

Gubernur Sumbar Ajak ASN Tingkatkan Kompetensi Bahasa Inggris
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, bersama Wagub Audy Joinaldy dan kepala OPD.

Padang, Kurenah.com – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah launching program BESTIE (Belajar English Setiap Tuesday Melalui Elearning) untuk para ASN Pemprov Sumbar.

Ia berharap dengan pembelajaran Bahasa Inggris secara rutin setiap Selasa selama dua jam pelajaran tersebut dapat menciptakan birokrasi berkelas dunia melalui Smart ASN 2024.

“Membangun perilaku birokrasi kelas dunia ada beberapa yang perlu disiapkan yaitu mindset, tools dan skills,” sebut Gubernur Mahyeldi saat pembukaan BESTIE, Selasa (25/7/2023).

Ia mengatakan, Smart ASN akan dicapai jika ASN yang memiliki karakteristik, integritas, nasionalisme, profesionalisme, wawasan global, menguasai IT dan bahasa asing, hospitality, memiliki networking, memiliki semangat enterpreneurship.

“Salah satu skill atau kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang ASN adalah mampu menggunakan bahasa asing, salah satunya Bahasa Inggris. Itu penting, karena Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang bisa digunakan secara global,” ungkap Mahyeldi.

Bahasa Inggris sangat penting dalam memberikan pelayanan publik karena merupakan bahasa internasional yang akan menunjang dalam berkomunikasi dengan orang dari negara lain.

Baca Juga  Bus Trans Padang Koridor 2 dan 3 Siap Diluncurkan, Ini Rutenya

Ia menambahkan, selain itu, dengan kemampuan bahasa Inggris akan memudahkan ASN dalam memberikan pelayanan publik dibutuhkan inovasi melalui teknologi informasi. Dalam mengoperasionalkan peralatannya dibutuhkan kemahiran dan kemampuan berbahasa Inggris.

Dalam upaya memenuhi pengembangan kompetensi ASN, salah satu kegiatan strategis yang akan dilaksanakan khususnya kompetensi teknis bahasa Inggris yaitu melalui pembelajaran secara rutin setiap minggu pada hari Selasa jam 08.30 – 10.30 (2 Jam Pelajaran) yang disebut BESTiE (Belajar English Setiap Tuesday Melalui Elearing).

Sementara itu, Kepala BPSDM Sumbar Desniarti mengatakan, BESTiE ini akan dilaksanakan bagi ASN melalui e-learning/daring melalui zoom meeting/youtube dan akan memperoleh sertifikat setelah mengikuti selama 10 kali pertemuan atau 10 pekan.

“Materi yang dibahas meliputi, tenses, listening, writing, reading dan speaking, dengan pemateri dari pengajar atau narasumbernya berasal dari Widyaswara BPSDM dan STBS Prayoga Padang,” jelasnya.

Ia mengatakan, BESTIE bertujuan guna meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris bagi ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Pada launching yang juga dilaksanakan melalui aplikasi Zoom ini diikuti sekitar 1000 peserta.

Baca Juga  Pemprov Sumbar Rencanakan Pembangunan Kawasan Industri Halal

Pada launching BESTIE yang kita laksanakan sekarang, spesial narasumbernya Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy yang memang memiliki kemampuan bahasa Inggrisnya luar biasa. Semoga para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, terangnya pada pembukaan yang dihadiri Kepala OPD di Lingkungan Pemprov Sumbar tersebut. (adpsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *