Hujan Lebat Sejak Kamis Malam, SMKN 1 Sutera Direndam Banjir

Hujan Lebat Sejak Kamis Malam, SMKN 1 Sutera Direndam Banjir
SMKN 1 Sutera, Pesisir Selatan, direndam banjir.

Painan, Kurenah.com – Tingginya intensitas hujan sejak Kamis malam, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN 1) Kecamatan Sutera terendam banjir, Jumat (14/7/2023).

Kepala Sekolah SMKN 1 Sutera, Lili Suryati mengatakan sekolah yang dipimpinnya sejak beberapa tahun belakangan, kali ini adalah yang terparah terendam banjir.

“Ya, kali ini adalah yang terparah terdampak banjir,” ujarnya dihubungi wartawan melalui telepon seluler.

Ia menjelaskan, gedung SMKN 1 Sutera bersama puluhan ruangan lainnya rata-rata terendam banjir, termasuk ruang belajar, ruang praktik dan ruangan pustaka.

Seluruhnya terendam banjir. Termasuk ruangan para guru dan kepala sekolah,” katanya.

Para guru yang berdomisili di sekitar lingkungan sekolah tengah berjibaku menyelamatkan sejumlah barang-barang berharga, termasuk dokumen sekolah dari rendaman banjir.

Baca Juga  Sejumlah Wilayah Pdg.Pariaman Dilanda Banjir dan Tanah Longsor

Pihaknya belum bisa melaporkan secara detail beberapa total kerugian dan kerusakan yang terjadi akibat banjir yang merendam sekolah tersebut, karena para guru masih berupaya menyelamatkan barang-barang berharga dan dokumen penting di sekolah.

“Debit air terus naik, saat ini kami sedang berupaya menyelamatkan barang-barang berharga di sekolah. Untuk siswa hari ini terpaksa kami liburkan,” ucapnya lagi.

Sementara informasi yang diterima di lapangan, SMKN 1 Sutera memang sering kali terendam banjir bahkan hampir setiap tahunnya. Apabila terjadi hujan dangan curah yang tinggi, maka dipastikan sekolah tersebut bakal terendam banjir.

Itu disebabkan kecilnya penampungan air dari beberapa saluran irigasi yang ada di sekitar sekolah tersebut, sehingga tidak kuat menahan debit air dari perbukitan dan sawah masyarakat sekitar. (baron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *