Jokowi Bagikan Rp320 Miliar ke Atlet ASEAN Para Games, Gunakan untuk Investasi karena Duitnya Gede Banget

Jokowi Bagikan Rp320 M ke Atlet ASEAN Para Games, Gunakan untuk Investasi karena Duitnya Gede Banget
Presiden Joko Widodo saat ramah tamah dengan atlet.

Jakarta, Kurenah.com – Pemerintah Indonesia telah mengucurkan bonus sebesar Rp320 miliar kepada para atlet yang meraih medali di ASEAN Para Games 2023.

Bonus tersebut langsung diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada para atlet di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/7/2023).

Sebelum membagikan bonus, Jokowi sempat menanyakan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani mengenai kesiapan dana tersebut. Sri Mulyani tertawa mendengar pertanyaan tersebut. Jokowi kemudian memberikan pesan agar uang bonus tersebut digunakan dengan sebaik-baiknya dan tidak digunakan untuk membeli barang mewah, melainkan untuk investasi jangka panjang.

“Saya ingin sedikit berpesan agar bonus ini benar-benar dimanfaatkan untuk tetap berlatih dan meningkatkan prestasi, jangan menggunakannya untuk membeli barang-barang mewah. Belilah barang yang dapat dijadikan investasi jangka panjang karena jumlah uangnya sangat besar,” kata Jokowi.

Sebagai informasi, Indonesia berhasil meraih juara umum pada ASEAN Para Games 2023 dengan total 159 medali emas, 148 medali perak, dan 95 medali perunggu, sehingga totalnya mencapai 401 medali.

Rincian bonus yang diberikan oleh pemerintah adalah Rp525 juta untuk peraih medali emas, Rp315 juta untuk peraih medali perak, dan Rp157,5 juta untuk peraih medali perunggu.

Presiden Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepada para atlet, pelatih, asisten pelatih, dan seluruh kontingen atas dedikasi dan kerja keras mereka yang telah membanggakan bangsa dan negara.

Baca Juga  Bupati Khairunas Terus Evaluasi Program Car Free Day

“Bangsa, negara, dan rakyat sangat bangga dengan bapak, ibu, dan saudara-saudara sekalian yang berhasil meraih juara umum pada ASEAN Para Games 2023. Ini merupakan kali ketiga secara berturut-turut. Sekali lagi, terima kasih,” ujarnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo juga menyatakan bahwa Indonesia telah meraih juara umum pada ASEAN Para Games selama tiga kali berturut-turut, yaitu pada tahun 2017, 2022, dan 2023.

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden bidang Sosial Angkie Yudistia menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo akan memberikan penghargaan kepada para atlet ASEAN Para Games setara dengan yang diberikan kepada atlet SEA Games.

Keputusan ini merupakan bentuk apresiasi atas prestasi para atlet Para Games yang telah membuat Indonesia meraih juara umum dalam ajang tersebut.

“Dengan prestasi ini, pemerintah memastikan bahwa para atlet ASEAN Para Games Indonesia akan mendapatkan penghargaan yang setara dengan para atlet SEA Games sebelumnya,” kata Angkie beberapa waktu lalu.

Harapannya adalah para atlet akan bersiap untuk bertanding di event yang lebih tinggi, seperti Asian Para Games di Hangzhou pada September mendatang dan Paralimpiade di Paris pada tahun 2024.

Baca Juga  Perbasi Kota Solok akan Adakan Turnamen Basket se-Sumbar

Andi Herman, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, merasa senang mendengar kabar baik mengenai kesetaraan para atlet disabilitas. Dia menyatakan bahwa para atlet, manajer, dan pelatih sangat gembira dengan apresiasi yang akan diberikan pemerintah terhadap prestasi para atlet di ASEAN Para Games ke-12, yang sebanding dengan atlet non-disabilitas yang berpartisipasi dalam SEA Games Kamboja.

Menurutnya, hal ini akan semakin memacu semangat para atlet disabilitas untuk terus meraih prestasi, terutama menghadapi Asian Para Games di Hangzhou dan Paralimpiade di Paris pada masa depan. (*/gp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *