Agam  

Desa Wisata Lawang Raih Juara 1 ADWI 2023 Kategori Homestay dan Toilet Umum

Desa Wisata Lawang Raih Juara 1 ADWI 2023 Kategori Homestay dan Toilet Umum
Bupati Agam, Andri Warman, saat menerima penghargaan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Agam, Kurenah.com – Desa Wisata Lawang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat keluar sebagai juara satu kategori homestay dan toilet umum di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 (ADWI 2023) yang memperoleh hadiah sebesar Rp35 juta.

Pengumuman disampaikan dalam malam penganugerahan ADWI 2023 di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (27/8/2023).

Penghargaan diterima Bupati Agam, Andri Warman yang diberikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Hariyanto.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan, 75 desa wisata terbaik terpilih dari 4.573 desa.

Diharapkan menjadi motivasi untuk pariwisata yang lebih baik. “Hari ini, 75 dari yang terbaik mendapatkan anugerah untuk meningkatkan motivasi dalam membuka peluang usaha menuju pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan, ujar Sandiaga, Minggu malam.

Bupati Andri Warman dalam anugerah tersebut mengucapkan rasa syukur atas raihan pada ADWI 2023.

“Alhamdulillah, anugrah ini diraih atas kerja keras seluruh pihak, baik Nagari Lawang, OPD terkait, akademisi, penggiat wisata dan masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga  Dikunjungi Kemenparekraf RI, Desa Wisata Lawang Masuk 75 Besar ADWI

Ia berharap anugerah ini dapat menjadi pemantik bagi daerahnya untuk terus mengembangkan kepariwisataan sebagai program unggulan.

Desa wisata lainnya di Sumatera Barat yang memeroleh penghargaan diantaranya Desa Wisata Muntei Kabupaten Kepulauan Mentawai Juara 1 Kategori Daya Tarik Pengunjung dan mendapatkan Rekor MURI Seni Rajah Tubuh (Tato) Tertua, Desa Wisata Perkampungan Nagari Sijunjung Kabupaten Sijunjung Juara 1 Kategori Desa Wisata Berkembang dan mendapatkan Rekor MURI Rumah Gadang Berjejer Terpanjang, Desa Wisata Nyarai Kabupaten Padang Pariaman Juara Harapan Kategori Daya Tarik Pengunjung, dan Desa Wisata Kubu Gadang Kota Padang Panjang Juara Harapan Kategori Desa Wisata Maju

Adapun penilaian ADWI terbagi menjadi sejumlah kategori yang meliputi daya tarik pengunjung, suvenir, homestay dan toilet, digital kreatif, serta kelembagaan desa wisata dan CHSE.

Adapula kategori desa wisata maju, desa wisata berkembang, dan desa wisata rintisan, serta desa wisata terbaik. Masyarakat juga diberi waktu untuk memilih langsung kategori desa wisata favorit dengan menyukai video desa yang diunggah di akun YouTube Kemenparekraf.

Baca Juga  Peristiwa Perang Manggopoh Diperingati, Ini Arahan Bupati Agam

Sebelumnya, Sandiaga melakukan kunjungan ke 75 besar desa wisata ADWI 2023 yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hadir juga Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Syatria, Walinagari Lawang Frangky, pengelola desa wisata Lawang Zilfaroni serta Tim Pendampingan dan Pengembangan Desa Wisata (TP2DEWI) Moch Abdi. (vn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *