Agam  

Dinsos Agam Miliki Peran Penting Penanganan Sosial, Ini Program yang Telah Dilaksanakan

Dinsos Agam Miliki Peran Penting Penanganan Sosial, Ini Program yang Telah Dilaksanakan
Kadinsos Agam, Rahmi Artati serahkan bantuan.

Agam, Kurenah.com – Salah satu OPD yang memiliki peranan penting dalam penanganan sosial di daerah kabupaten Agam yaitu Dinas Sosial.

OPD ini dipimpin oleh seorang ibu bernama Rahmi Artati, SSTP MSi yang pernah menjadi Camat di Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam.

Pada tahun 2023 Dinas Sosial yang ia pimpin memiliki anggaran sebesar Rp6,8 Miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).

Anggaran tersebut digunakan dalam melaksanakan program dan kegiatan pada masing- masing bidang untuk membantu masyarakat seperti bidang Perlindungan Dan Jaminan Sosial (Linjamsos), Pemberdayaan Sosial (Dayasos), dan Rehabilitasi Sosial (Rehsos), ungkap Rahmi saat dihubungi melalui whatsapp, Jumat (25/8/2023).

Linjamsos anggaran yang disediakan sebesar Rp1,7 miliar, Dayasos dialokasikan anggaran sebesar Rp398 juta , sementara untuk bidang Rehsos sebesar Rp578 juta, sebutnya

Pada bidang Linjamsos terdapat beberapa kegiatan diantaranya, pengadaan dapur umum, pemberian bantuan sandang dan pangan, memfasilitasi usulan BPJS, cek DTKS, Program Keluarga Harapan dan kegiatan lainnya.

Baca Juga  Lomba Gerak Jalan Tepat Waktu SD dan SMP, Ini Kata Sekda Agam

“Korban banjir dan tanah longsor di kecamatan Tj Raya dalam masa tanggap darurat bulan Juli kemaren kita lakukan pendirian dapur umum dengan pembiayaan dana BTT dari Bkeuda dan pengelolaan di lapangan bidang linjamsos,” ulas Rahmi.

Selanjutnya ia menguraikan kegiatan Dayasos antara lain, bimtek bagi Karang Taruna, pekerja sosial masyarakat (PSM), penyuluh sosial masyarakat (Pensosmas), dan Bimtek penguatan peran Karang Taruna, Jambore Disabilitas, penyerahan Bantuan sembako dari LKKS, seminar perang kamang dan manggopoh, serta fasilitasi kehadiran veteran dalam upacara HUT RI.

Kehadiran veteran dalam upacara detik-detik proklamasi tahun 2023 di Halaman Kantor Bupati kemaren pendanaannya kita pakai dari anggaran Dayasos, katanya.

Baca Juga  Pasca Banjir Bandang dan Tanah Longsor, Pemkab Agam Percepat Langkah Penanganan Bencana

Kegiatan bidang Rehsos terdiri dari penyediaan permakanan , sandang, alat bantu bagi anak, lansia, disabilitas terlantar, reunifikasi keluarga, bimbingan fisik mental, spritual, sosial bagi disabilitas, anak dan lansia terlantar.

Kemudian bimbingan sosial kepada keluarga penyandang disabilitas, anak dan lansia terlantar, penelusuran keluarga, layanan kedaruratan dan layanan rujukan serta kegiatan terkait lainnya. (vn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *