Penasaran! Siapa Uda-uni Duta Wisata Solok Selatan 2023?

Penasaran! Siapa Uda-uni Duta Wisata Solok Selatan, Simak di Sini
Bupati Solok Selatan, Khairunas, menyerahkan hadiah pada pemenang.

Padang Aro, Kurenah.com – Pemilihan duta wisata Solok Selatan 2023 menghasilkan sepasang putra-putri terbaik, yaitu uda dan uni yang akan mewakili Solok Selatan dalam ajang tingkat Sumatera Barat.

Bupati Solok Selatan Khairunas dalam pembukaan kegiatan Grand Final Pemilihan Duta Wisata 2023, Kamis (3/8/2023) turut mengapresiasi semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Semoga pemilihan ini berjalan lancar dan sukses, hingga melahirkan duta wisata yang dapat mengemban amanah dengan baik, dan mengharumkan nama Kabupaten Solok Selatan,” kata Khairunas.

Menurutnya, pemilihan Uda Uni Duta Wisata adalah wadah bagi putra putri Solok Selatan untuk menyalurkan bakat dan mengekspresikan diri melalui kegiatan yang positif, sehingga bisa melatih para finalis d untuk terbiasa berfikir kritis, kreatif dan inovatif dalam berbagai bidang.

“Saya berharap kepada finalis yang nanti dinyatakan sebagai juara, jadilah duta wisata yang aktif berkarya dan berkontribusi dalam pembangunan kabupaten. Menjadi contoh dan tauladan bagi anak-anak muda. Selain promosi wisata, juga harus memahami program-program pemerintah daerah yang nantinya dapat disosialisasikan kepada masyarakat,” ungkapnya menegaskan.

Ketua Dekranasda Kabupaten Solok Selatan, Ny Erniati Khairunas menyebut even ini secara maksimal telah dipersiapkan sejak jauh hari. Ini demi melahirkan sepasang duta yang tidak hanya sekedar tampak “rancak dan gagah”, namun juga berkualitas dari segi pemikiran, etika, estetika serta berani mengungkap jati diri terbaiknya.

Baca Juga  Basalin Baju, Refdi Santoso Sandang Gelar Datuak Sutan Dubalang

“Kepada para finalis, mari tunjukkan kebaikan dan kehebatan diri kalian dihadapan kami semua,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Pamil Ruskamdani mengatakan kegiatan seleksi telah dimulai sejak bulan April 2023. Dari 150 orang yang mendaftar dari utusan kecamatan dan nagari, akhirnya dipilih menjadi 30 orang finalis.

“Finalis ini adalah utusan terbaik dari kecamatan dan nagarinya masing-masing,” kata Pamil.

Pamil juga menyampaikan, bahwa dalam beberapa bulan ke depan, tepatnya 4 November 2023, Solsel juga akan menjadi tuan rumah Pemilihan Duta Wisata Uda Uni Sumatera Barat yang akan dilangsungkan di Menara Songket, Nagari Koto Baru.

Dalam grand final ini, finalis yang dinyatakan sebagai pemenang akan memperoleh gelar Uda dan Uni Solok Selatan 2023. Selain itu akan ada Uda Uni Wakil, Uda Uni Ekraf, Uda Uni Multitalent, Uda Uni Favorit. Juga akan diumumkan video terbaik karya para finalis.

Baca Juga  Nagari Pasir Talang Selatan Gelar Pelatihan TPBJ/TPHP dan Kader

Sementara hadiah menggiurkan yang akan mereka bawa pulang dengan total Rp24 juta dan piagam penghargaan.

Uda Uni pemenang akan mendapakan Rp4 juta, Uda Uni Wakil mendapatkan Rp3 juta, Uda Uni Ekraf Rp2 juta dan Uda Uni Favorit, Multitalent dan video terbaik akan mendapatkan Rp1 juta.

Kegiatan ini dijurii langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Selatan, DR Syamsurizaldi, Kadis Pariwisata, Pamil Ruskamdani, Uda Sumatera Barat Tahun 2021 Oktara Roberto, Feby Kurniawan dari DP2KB & P3A serta Atilla Majidi Ketua LKAAM Solok Selatan. (alwis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *