Polres Pessel Ungkap Kasus Kekerasan Seksual, Ini Apresiasi Anggota DPR Lisda Hendrajoni

Polres Pessel Ungkap Kasus Kekerasan Seksual, Ini Apresiasi Anggota DPR Lisda Hendrajoni
Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni, bersama Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Novianto Taryono.

Painan, Kurenah.com – Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni, mengapresiasi kinerja Polres Pessel dalam mengungkap berbagai kasus kekerasan seksual yang terjadi di Pesisir Selatan sepanjang 2023.

Itu disampaikan Lisda saat berkunjung ke Mapolres Pessel, dalam rangka meninjau penanganan kasus kekerasan seksual yang terjadi di daerah tersebut.

Kunjungan Lisda ke Mapolres Pessel disambut langsung oleh Kapolres AKBP Novianto Taryono, Kamis (10/8/2023).

Tindakan dan gerak cepat yang dilakukan Polres Pesisir Selatan sehingga dapat mengungkap kasus kekerasan seksual yang terjadi di Pessel.

Pihak kepolisian tidak hanya berhasil dalam pengungkapan kasus, namun juga ikut terlibat dalam trauma healing bagi para korban, ucap Lisda.

Anggota Fraksi Nasdem tersebut juga menyampaikan, penerapan Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual pada sejumlah kasus di Pessel.

Ini merupakan salah satu langkah yang tepat dalam menekan angka kekerasan seksual, sekaligus memberikan perlindungan bagi para korban.

“Kita langsung meninjau penerapan UU TPKS saat ini, yang sudah mulai diterapkan oleh pihak kepolisian, salah satunya Polres Pesisir Selatan sehubungan dengan kasus persekusi yang terjadi beberapa waktu lalu,” ungkap Lisda.

Baca Juga  Kurir Narkoba Diamankan, Satu Paket Sabu Disita

Keterbatasan personel dan fasilitas penunjang juga tak menjadi penghalang bagi Polres Pesisir Selatan, untuk mengungkap kasus meskipun Pesisir Selatan memiliki wilayah teritorial yang luas yakni 15 kecamatan, memanjang dari utara keselatan dengan jarak tempuh mencapai 5-6 jam.

Sementara itu Kapolres Pesisir Selatan, mengucapkan terima kasih atas kunjungan oleh anggota DPR RI tersebut. AKBP Novianto Taryono menyebut, sebagai pengayom masyarakat sudah menjadi tugas kepolisian untuk memberikan rasa aman dan nyaman.

“Kami tentunya mengucapkan atas kunjungan sekaligus dukungan moril Lisda Hendrajoni. Tentunya kita juga berharap keterlibatan berbagai pihak dalam menekan angka kekrasan seksual khususnya di Pesisir Selatan.

Salah satu yang sudah kami lakukan yakni memberikan pendampingan yang sekaligus pemulihan trauma bagi korban kekerasan seksual, ungkap AKBP Novianto.

Baca Juga  Didukung PAC, Hendryck Chaniago Siap Maju Jadi Ketua MPC Pemuda Pancasila

Berdasarkan data laporan Polres Pesisir Selatan sepanjang 2023 setidaknya terdapat 40 laporan polisi pada unit pelayan perempuan dan perlindungan anak, 28 diantaranya merupakan kasus kekerasan seksual pada perempuan dan anak.

“Angka ini cukup tinggi, namun demikian kami terus mengupayakan yang terbaik bagi masyarakat untuk memberikan rasa aman dan nyaman serta perlindungan khususnya bagi para korban,” pungkasnya. (ind)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *