Wabup Solsel Ajak Masyarakat Terapkan Pola Konsumsi Makanan B2SA

Wabup Solsel Ajak Masyarakat Terapkan Pola Konsumsi Makanan B2SA
Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi, ketua DPRD, Zigo Rolando, hadiri lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

Padang Aro, Kurenah.com – Solsel tingkatkan kesadaran akan pentingnya mengkonsumsi makanan yang beragam dan sehat, pemerintah kabupaten menggelar lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

Kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT RI di kabupaten ini juga merupakan upaya memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang pangan lokal dan penyusunan menu B2SA tingkat kabupaten.

Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi mengatakan dengan perbaikan pola konsumsi melalui beragam sumber pangan adalah upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan membudayakan pola konsumsi pangan B2SA untuk menunjang hidup sehat aktif dan produktif.

Menurut Yulian, pola konsumsi masyarakat masih menunjukan kecendrungan kurang beragam dari jenis pangan dan keseimbangan gizinya.

“Beras masih mendominasi dalam pola konsumsi pangan masyarakat, sementara konsumsi sumber karbohidrat lainnya yang dahulu biasa dikonsumsi semakin tergeser sejalan dengan perubahan gaya hidup masyarakat,” kata Yulian dalam pembukaan lomba B2SA di Aula Sarantau Sasurambi, Kamis (10/8/2023).

Baca Juga  Bupati Khairunas: Musrenbang 2024 Jemput Langsung Aspirasi Masyarakat

Selain itu, konsumsi sayur dan buah, umbi-umbian, pangan hewani dan kacang-kacangan masih rendah sehingga perlu ditingkatkan.

“Untuk itu, maka perlu upaya secara terus menerus untuk merubah pola konsumsi masyarakat ke arah pola konsumsi pangan B2SA,” pungkasnya.

Wakil Ketua TP-PKK Solok Selatan Ny. Bet Yulian Efi mengatakan penganekaragaman pangan dan konsumsi pangan merupakan salah satu upaya yang terus dilakukan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan unggul.

“Salah satu upaya mensosialisasikan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) melalui lomba cipta menu B2SA secara berjenjang mulai dari tingkat Kecamatan hingga Kabupaten,” katanya.

Baca Juga  Penasaran! Siapa Uda-uni Duta Wisata Solok Selatan 2023?

Kegiatan lomba menu B2SA ini diikuti oleh seluruh PKK nagari se-Solok Selatan. (alwis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *