Masyarakat Sungai Sirah Resah dengan Munculnya Buaya, BKSDA Sumbar Diminta untuk Menangkapnya

Masyarakat Sungai Sirah Resah dengan Munculnya Buaya, Diminta BKSDA Sumbar untuk Menangkapnya
Amsuardi Ucok, Wali Nagari Surantih.

Painan, Kurenah.com – Masyarakat Sungai Sirah, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, resah dengan munculnya buaya di Sungai Sirah Surantih, belakang Polsek Sutera.

Buaya itu muncul dan telah menelan dua ekor kambing milik warga setempat. Meskipun laporan telah diterima oleh Dinas Kehutanan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatra Barat (BKSDA Sumbar), hingga kini belum ada tindakan penangkapan yang dilakukan oleh pihak berwenang.

Laporan dari masyarakat mengindikasikan bahwa buaya tersebut telah terlihat oleh warga sedang berjemur di pinggir sungai di belakang Polsek Sutera pada Jumat siang, 8 September 2023.

Pihak BKSDA Sumbar telah memantau lokasi keberadaan buaya tersebut, namun tindakan yang diambil hanya sebatas pemasangan spanduk imbauan kepada masyarakat agar berhati-hati saat beraktivitas di sungai, dan tidak mengganggu buaya yang termasuk dalam satwa yang dilindungi oleh undang-undang.

Baca Juga  Dua Pelaku Pencurian Sepeda Motor Ditangkap, Tersangka Diamankan di Polsek Pancung Soal

Meski masyarakat telah mematuhi imbauan tersebut dan tidak mengganggu buaya tersebut, buaya tersebut masih terus berkeliaran di Sungai belakang Polsek, yang meningkatkan kecemasan di kalangan warga setempat.

Ajis (50), salah satu warga Sungai Sirah Surantih, mendesak pihak BKSDA untuk segera menangkap buaya yang berkeliaran tersebut. Ia menekankan kehadiran buaya tersebut telah sangat meresahkan masyarakat.

Amsuardi Ucok, Wali Nagari Surantih, mengonfirmasi surat rekomendasi dari nagari hingga kecamatan sudah diberikan kepada pihak BKSDA provinsi untuk segera menangkap buaya tersebut. Namun, hingga saat ini, belum ada tanggapan atau tindakan konkret yang diambil oleh pihak dinas terkait. (baron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *