Kabar Terbaru, Tol Padang-Sicincin Terus Melaju Pesat, Tantangan Tetap Ada

Kabar Terbaru, Tol Padang-Sicincin Terus Melaju Pesat, Tantangan Tetap Ada
Progres Tol Trans Sumatera.

KURENAH.COM – PT Hutama Karya, yang sedang giat membangun ruas tol Padang-Sicincin, memberikan update terkini yang menimbulkan perasaan campur aduk. Kabar tersebut membawa kegembiraan sekaligus kesedihan.

Proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) oleh Hutama Karya terus berlanjut dengan progres yang signifikan pada dua proyek yang masuk dalam pembangunan Tahap I. Proyek tersebut adalah Jalan Tol Ruas Padang–Sicincin (36 kilometer) di Sumatera Barat dan Tol Ruas Sigli–Banda Aceh Seksi I Padang Tidji–Seulimum (25 kilometer) di Aceh.

Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim, menyampaikan bahwa ketersediaan lahan untuk pembangunan kedua jalan tol ini hampir selesai. Oleh karena itu, proses konstruksi diharapkan dapat berjalan dengan lancar.

“Hutama Karya menargetkan dua ruas ini dapat segera rampung di Kuartal III dan IV tahun ini, sehingga konektivitas dan mobilitas antar provinsi akan semakin lancar,” ujar Adjib yang dikutip dari laman resmi perusahaan, Selasa (9/7/2024).

Baca Juga  Tarif Tiket Bus Setelah Mudik, Ini Penjelasan dan Kembalinya Kondisi Normal

Adjib menjelaskan bahwa untuk tol Padang-Sicincin, hingga akhir Juni, progres pengadaan lahan telah mencapai 96,68 persen, sementara progres konstruksi mencapai 67,20 persen.

Kabar mengenai hampir rampungnya pengadaan lahan ini tentunya sangat menggembirakan. Namun, kegembiraan ini diiringi dengan kesedihan karena progres konstruksi yang masih belum maksimal, disebabkan oleh masalah lahan yang sejak awal sudah menjadi kendala.

Perlu diingat, pembangunan tol ini sudah berlangsung lebih dari lima tahun. Persoalan yang sering muncul di lapangan tetap berkaitan dengan pembebasan lahan.

Jalan Tol Padang–Sicincin akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti satu simpang susun, tiga gerbang tol, dan dua lajur pada tahap awal. Rencana kecepatan pada ruas ini mencapai 80 kilometer per jam, yang akan mempersingkat waktu perjalanan dari Padang ke Sicincin dari 1,5 jam menjadi hanya 30 menit dan berpotensi mendukung pengembangan daerah sekitar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *