Proyek Tol yang Memakan Waktu Lama, Padang-Sicincin dan Cimanggis-Cibitung

Bertahun-tahun Terhambat, Tol Padang-Sicincin dan Cimanggis-Cibitung Akhirnya Terselesaikan
Tol Cimanggis-Cibitung

KURENAH.COM – Pembangunan tol yang memakan waktu lama tidak hanya dialami oleh tol Padang-Sicincin. Ruas tol sepanjang lebih kurang 36 kilometer ini sudah hampir enam tahun belum selesai, dan pembebasan lahan masih menjadi kendala utama.

Tol lain yang juga membutuhkan waktu lama adalah Tol Cimanggis-Cibitung. Pembangunan ruas tol ini dimulai pada 2012 dan baru rampung serta diresmikan pada 2024. Tol tersebut diresmikan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada Selasa sore, 9 Juli 2024.

Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B merupakan bagian dari jaringan ruas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR 2) dan kini telah tersambung penuh. Tol ini memiliki panjang total 26,18 kilometer.

Sementara itu, untuk tol Padang-Sicincin, berdasarkan data dari Hutama Karya, hingga akhir Juni, progres pengadaan lahan telah mencapai 96,68 persen, sedangkan progres konstruksi mencapai 67,20 persen.

Baca Juga  Pemkab Banyuasin Tuntut Hutama Karya Menyelesaikan Pembangunan Tol Palembang-Jambi dengan Cepat

Hampir rampungnya pengadaan lahan ini membawa kegembiraan, namun di sisi lain juga menimbulkan kesedihan karena pembangunan konstruksi yang masih belum maksimal.

Sejak awal, urusan lahan sudah menjadi kendala. Pembangunan tol ini telah berjalan lebih dari lima tahun, dan masalah yang muncul di lapangan selalu berkaitan dengan pembebasan lahan.

Jalan Tol Padang-Sicincin akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, termasuk satu simpang susun, tiga gerbang tol, dan dua lajur pada tahap awal.

Rencana kecepatan pada ruas ini mencapai 80 kilometer per jam, yang akan mempersingkat waktu perjalanan dari Padang ke Sicincin dari 1,5 jam menjadi hanya 30 menit, serta berpotensi mendukung pengembangan daerah sekitar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *