Sarapan Terbaik Usia 50+, Rahasia Tetap Sehat dengan Protein Berkualitas Tinggi

Sarapan Terbaik Usia 50+, Rahasia Tetap Sehat dengan Protein Berkualitas Tinggi
Makanan protein tinggi.

KURENAH.COM – Sarapan terbaik merupakan bagian penting dari pola makan dan tidak boleh dilewatkan, terutama bagi mereka yang berusia 50 tahun ke atas.

Seiring bertambahnya usia, tubuh mengalami banyak perubahan pada sel, otot, dan tulang. Walaupun proses ini tidak dapat dihentikan, pola makan yang baik dapat membantu memperlambatnya.

Untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup, dietisien Amy Goodson merekomendasikan menu sarapan terbaik bagi mereka yang berusia lanjut.

“Menu sarapan terbaik untuk usia di atas 50 tahun adalah makanan yang kaya akan protein berkualitas tinggi,” kata Goodson, mengutip dari Eat This, Not That!, yang dilansir dari CNNIndonesia.

Mengapa protein sangat penting setelah usia 50?

Goodson menjelaskan seiring bertambahnya usia, tubuh kehilangan massa otot sekitar 2-3 persen per dekade jika tidak melakukan tindakan aktif.

Baca Juga  'Ayo Ceting', Pemkab Solok Jalin Kerjasama dengan Pemko Padang

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi kehilangan massa otot ini adalah dengan mengonsumsi protein berkualitas tinggi, terutama saat sarapan. Hilangnya massa otot dapat menyebabkan hilangnya elastisitas kulit, serta kesulitan penyembuhan luka dan infeksi.

Goodson menyarankan untuk mengonsumsi setidaknya 25-30g protein saat sarapan.

“Jumlah protein yang cukup di pagi hari dapat menyediakan asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memperbaiki otot tanpa lemak serta meningkatkan rasa kenyang beberapa jam setelah sarapan,” jelasnya.

Ia merekomendasikan orang berusia 50 tahun ke atas untuk memasukkan makanan tinggi protein seperti dua butir telur, kacang-kacangan, biji-bijian, keju, yogurt, atau ikan ke dalam menu sarapan mereka.

Baca Juga  Ini Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

Pisang dengan selai kacang juga bisa menjadi pilihan sarapan praktis. Selain itu, telur yang diolah menjadi avocado toast, di mana alpukat memberikan asupan lemak sehat, roti bakar menyumbang karbohidrat, dan telur memberikan protein, merupakan pilihan yang baik. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *