Walikota Solok Terima Penghargaan Kota Bebas Frambusia

Walikota Solok terima penghargaan.
Walikota Solok, Zul Elfian Umar, terima penghargaan.

Solok, Kurenah.com – Pemerintah Kota Solok menerima penghargaan sebagai kabupaten/kota bebas frambusia dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Penghargaan berupa sertifikat dari Menteri Kesehatan, Budi G Sadikin, diterima Walikota Solok, Zul Elfian Umar, di Krakatau Grand Ballroom TMII Jakarta, Selasa 21 Februari 2023.

Dimana Pemerintah Kota Solok adalah salah satu dari 103 kabupaten kota yang meraih penghargaan tersebut.

Pemberian penghargaan ini dalam rangka memperingati Hari Negleted Tropical Diseases (NDTs) atau Penyakit Tropis Terabaikan Sedunia Tahun 2023, yang diperingati setiap 30 Januari.

Frambusia adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum Pertenue, biasanya terjadi di negara tropis yang mempunyai sanitasi buruk dimana dapat menular melalui cairan dari kulit yang terluka.

Baca Juga  Tanah Datar Canangkan Imunisasi Polio

Resiko terburuk terjangkit dari penyakit ini adalah penampilan fisik atau gangguan sosialisasi. Maka dari itu, kementerian kesehatan menaruh perhatian serius terhadap penyakit ini lantaran sifatnya yang menular menahun dan sering kambuh.

Sementara itu Menteri Kesehatan, Budi G Sadikin mengatakan tahun ini merupakan tahun pertama memperingati Hari NTDs.

Sudah berbagai upaya dilakukan pemerintah dalam pencegahan dan pengendalian penyakit tropis terabaiakan ini. Untuk itu pada 2024 pemerintah menargetkan seluruh kabupaten/kota diharapkan sudah berstatus bebas frambusia. (dd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *