Kenapa Maggot Black Soldier Fly Begitu Hebat Diciptaan Tuhan

Kenapa Maggot Black Soldier Fly, Begitu Hebat Diciptakan Tuhan?
Lalat Tentara Hitam (black soldier fly).

Oleh: Dr Resti Rahayu
Dosen Biologi, Universitas Andalas
Akademisi dan Praktisi Budidaya Maggot BSF

Buat lumbung pangan di desa, cukupi kebutuhannya semaksimal mungkin. Begitu juga potensinya, maksimalkan sebaik mungkin, tidak perlu muluk-muluk.

Silahkan bermimpi dan terus bergèrak, kaŕena dengan mimpi harapan hidup ada, perjuangan berat akan terasa lebih nikmat. Mendapatkan secara instans cenderung tidak bertàhan lama.

Ini adalah bahan bincang-bincang di artikel pertama ini. Pertanyaanya yang terlontar sebelumnya adalah, apa itu Maggot BSF (Black Soldier Fly atau dikenal dengan Lalat Tentara Hitam)?, apa hubungannya dengan lumbung pangan?

Kenapa sering dikaitkan sebagai alternatif mata pencaharian. Apakah itu mungkin? kita sudah kaji. Apa itu Maggot? atau hewan apa?. Apa bedanya dengan ulat, belatung, larva dan lainnya.

Apakah lalatnya sumber penyakit atau vector penyakit ngak?

Apa keunggulannya? untuk apa Maggot BSF ini?
Black Soldier Fly merupakan salah satu serangga yang berpotensi untuk dimanfaatkan karena larvanya berperan sebagai pengurai sampah organik. BSF dapat mengurai beberapa sampah organik yang berasal dari industri pangan seperti limbah buah dan limbah sayuran, limbah restoran dan tulang ayam, ampas tahu, ampas kelapa, Jerami (Rahayu, 2021).

Selain itu BSF dapat menjadi sumber pakan alternatif ternak yang memiliki kandungan protein tinggi (Katayane, 2014). Kandungan protein pada larva BSF berkisar antara 45-50% (Muhayyatet al., 2016) bahkan mencapai 61% (Rahayu, 2021).

Baca Juga  Ingin Punya Penghasilan Tambahan hingga Rp300 Ribu Sehari, Ayo Main Aplikasi Neo+

Berdasarkan kandungan zat gizinya larva BSF mampu memenuhi kebutuhan pakan ternak, sehingga dengan keunggulan larva BSF ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber protein hewani untuk pakan ternak.

Selain itu larva BSF merupakan sumber mineral yang baik seperti Kalsium (3,14%), Fosfor (1,28%), Magnesium (0,79%), Sodium (0,27%), Kalium (1,96%), Besi (0,04%), Seng (0,02%), Tembaga (0,002%), Mangan (0,04%) tergantung pada media pertumbuhan larva (Newton et al., 2005b).

Nah melihat uraian di atas keunggulan dari hewan ini adalah bisa untuk:
Pakan Unggas (baik segar/kering/pelet)
Ayam, Puyuh, Itik dan lainnya.
Burung berkicau

Pakan Berbagai Jenis Ikan (baik segar/kering/pelet)

Ikan konsumsi (Nila, Lele, Patin)
Ikan Hias (Koi, Mas Koki, Lohan)

Pupuk Tanaman/Kasgot
Pupuk cair
Pupuk padat

Produk Turunan
Bahan kosmetik dalam penelitian
Obat-obatan untuk ternak dan juga untuk manusia sedang diteliti

Masih adakah keunggulan maggot Black Soldier Fly (BSF)lainnya? Masih banyak sekali. Berikut beberapa keuntungan lain dari budidaya Maggot BSF

  1. BSF, agent, pengolahan sampah organik menjadi bio produk
  2. BSF, mengolah sampah sangat cepat,
  3. BSF, merupakan sumber protein yang berkelanjutan (28- 60%)
  4. BSF, menghasilkan kasgot/frass/pupuk (padat maupun cair).
  5. BSF, akan mampu memperbaiki kualitas tanah pertanian akibat penggunaan pupuk kimia/sintetik
  6. BSF, tidak hama dan tidak membawa penyakit,
  7. BSF ramah terhadap manusia dan tidak menggigit,
  8. BSF, menciptakan kesempatan untuk pemberdayaan masyarakat
  9. Teknologi mudah, siapa saja bisa melakukan, tidak butuh biaya besar
Baca Juga  10 Alasan Maggot Black Soldier Fly Paling Cocok dalam Mengolah Sampah Organik

Sekarang apa hubungannya dengan lumbung pangan atau ketahanan pangan ? Jadi melihat potensi dan manfaat dari BSF ini sangat banyak, bisa digunakan untuk pakan ternak berbagai jenis hewan ternak, dan bisa juga untuk pupuk maka beternaklah kita dengan memberi ternak kita ini dengan maggot.

Apalagi siapa saja bisa melakukan karena teknologinya mudah dan murah. Maka berrcocok tanamlah kita dengan pupuk dari bekas maggot atau dikenal dengan kasgot.

Jadi jangan jual maggotnya saja tapi jual ayamnya, jual tanaman yang kita pupuk dari kasgot tadi, kita konsumsi dari lahan kita sendiri. Hasilnya apa kita punya ladang pangan sendiri di rumah, tidak harus membeli atau minimal bisa mengurangi ketergantungan kebutuhan dari luar.

Namun pemberian maggot keternak juga ngak bisa 100%. Contoh singkatnya untuk ayam petelur 30-35%, untuk ikan sekitar 40-60% tergantung jenis ikannya. Nanti komposisi atau takaran masing-masing untuk ternak beserta untuk pupuk kita bahas tersendiri.

Bagaimana cara budidaya yang gampang untuk maggot BSF ini? Apa saja yang dibutuhkan? Kita bahas di artikel berikutnya. (**)

Salam Maggot, Olah Sampah Jadi Berkah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *