Riau  

Tapir Terperosok ke Lumpur di Perbatasan Jambi, Warga Riau Menyelamatkannya

Tapir Terperosok ke Lumpur di Perbatasan Jambi, Warga Riau Menyelamatkannya
Tapir, satwa yang dilindungi. | Foto riau.go.id

Pekanbaru, Kurenah.com – Seekor tapir ditemukan terperosok ke parit oleh warga Desa Sungai Asam, Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Tapir dewasa itu terperosok ke dalam parit berlumpur.

Kapolres Indragiri Hilir, AKBP Norhayat, mengatakan satwa dilindungi tersebut saat ini dalam pengawasan warga setelah ditemukan dalam kondisi lemas.

Tapir ditemukan oleh warga dalam keadaan tidak berdaya dan berlumpur di dalam parit. “Tapir ditemukan dalam keadaan lemas oleh warga di dalam parit,” ungkap Norhayat pada Sabtu (17/6/2023).

Lokasi penemuan tapir terletak jauh dari perkampungan dan berbatasan dengan Jambi.

Baca Juga  Desa Sungai Besar Prioritaskan Pengerasan Jalan dan Ketahanan Pangan

Setelah melihat tapir terjebak di dalam parit, warga segera melakukan evakuasi dan membawanya ke daratan. Selain itu, warga juga membersihkan tapir yang berwarna hitam putih tersebut dan memberikannya makan.

“Warga di sana memiliki kesadaran dan pemahaman bahwa tapir ini merupakan spesies yang dilindungi, sehingga mereka memberikan makanan dan merawatnya. Tapir itu kemudian diikatkan ke pohon kelapa, dan kondisinya mulai membaik,” kata Norhayat seperti dilansir dari riau.go.id.

Untuk memastikan keamanan tapir, pihak kepolisian telah berkoordinasi dengan aparat desa setempat, termasuk berkoordinasi dengan Balai Besar KSDA Riau di Pekanbaru terkait penemuan ini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *