Berita  

6 Kayu Termahal di Dunia, Harganya Ratusan Juta Per Kilo

6 Kayu Termahal di Dunia, Harganya Ratusan Juta Per Kilo
Pohon Gaharu.

KURENAH.COM – Kayu merupakan salah satu komoditas ekspor dengan pangsa yang tidak pernah hilang. Permintaan atas kayu berkualitas terbaik selalu muncul dari penjuru dunia.

Sebagian besar masyarakat Indonesia mengenal kayu-kayu dengan kualitas baik dan mahal. Selain kayu jati di Jawa dan Surian di Sumatera Barat yang terkenal, ternyata ada beberapa macam kayu yang memiliki harga selangit.

Ini macam-macam pohon kayu yang termahal di dunia itu, seperti dikutip dari CNBCIndonesia.

  1. Kayu Gaharu
    Kayu Gaharu atau Agarwood merupakan salah satu kayu paling mahal di dunia. Kayu yang berasal dari pohon aquilaria ini memiliki aroma yang harum sehingga banyak perusahaan memanfaatkan resinnya sebagai bahan baku parfum.

Kayu ini sebenarnya berwarna terang. Warna gelap kayu ini dihasilkan oleh getah yang merupakan infeksi jamur yang muncul sebagai respon pertahanan.

Gaharu dengan kualitas baik dihargai Rp53 juta per kilogram di pasaran lokal, namun bakal dijual kisaran Rp133 juta per kilogram di pasar internasional.

  1. Tigerwood
    Tigerwood adalah jenis kayu keras yang sangat awet dan tahan pembusukan. Karena kualitasnya, kayu ini dijual Rp6,5 juta per meter kubik.
Baca Juga  Ditebas Parang oleh Mertua, Menantu Tewas Bersimbah Darah di Sungai Nanam Solok

Serat kayunya bagus, namun sayangnya kayu ini tidak bisa dibudidayakan. Oleh karenanya harga kayu tigerwood sangat mahal, karena permintaan dan ketersediaan yang tidak pernah berimbang.

  1. Kayu Eboni
    Kayu yang satu ini biasa ditemukan di alat-alat musik seperti biola, gitar, piano, dan masih banyak lagi. Selain bisa tumbuh hingga 40 meter, kayu ini juga tenggelam di dalam air karena kepadatannya yang tinggi. Kayu eboni memiliki tekstur yang baik sehingga banyak digunakan untuk furnitur dengan kualitas premium.

Kayu ini dihargai sebesar Rp7 juta per meter kubik jika kualitasnya bagus dan warna hitamnnya merata di seluruh permukaan.

  1. Purple Heart
    Purple heart banyak ditemukan di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Keunikan dari kayu ini adalah warna yang asalnya coklat tua akan berubah menjadi merah muda setelah ditebang.

Kayu ini sudah digunakan sejak dulu mengingat banyak sekali barang-barang kuno berbahan dasar purple heart. Selain itu, kayu ini juga memiliki ketahanan terhadap air dan juga perubahan suhu.

Pengolahannya yang sulit membuat kayu ini dihargai sebesar US$180-280 per meter kubik.

  1. African Blackwood
    Tumbuh di dataran Afrika, kayu ini dihargai Rp7 juta-Rp10 juta per meter kubik.
Baca Juga  Bupati Minta Seluruh Jajaran Berikan Layanan Akses Internet Tanpa Bayar untuk Masyarakat

Kayu ini tahan sangat lama, sulit mengalami pembusukan, dan tahan terhadap serangan serangga. African Blackwood juga sering digunakan untuk pembuatan alat musik mewah seperti gitar dan piano.

  1. Bubinga
    Merupakan kayu yang berasal dari Benua Afrika, bubinga juga sering digunakan untuk membuat alat musik, khususnya kecapi dan gitar, karena kayu ini bisa menghasilkan kualitas suara yang baik. Sebagai salah satu kayu terbaik, bubinga dihargai Rp5-6,5 juta per meter kubik. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *