Padang  

Siswa SMA 1 Padang dan Payakumbuh Jadi Anggota Paskibra di Istana Negara, Ini Pesan Gubernur Sumbar

Siswa SMA 1 Padang dan Payakumbuh Dilepas Jadi Anggota Paskibra di Istana Negara, Ini Pesan Gubernur Sumbar
Dua siswa hebat sumbar bersama gubernur Mahyeldi, usai dilepas jadi anggota Paskibra di Istana Negara.

Padang, Kurenah.com – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah melepas keberangkatan dua siswa-siswi terbaik untuk mengemban tugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di Istana Negara pada 17 Agustus mendatang.

Kepada mereka Gubernur pesankan dua hal yakni jaga nama baik daerah dan jalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Jaga nama baik daerah dan tunaikanlah amanah dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Gubernur Mahyeldi saat melepas di Istana Gubernuran, Padang, Kamis (13/7/2023).

Ia menyadari, menjadi perwakilan Paskibra di tingkat nasional itu tidak mudah, para siswa mesti melewati berbagai proses seleksi secara bertingkat, mulai dari kecamatan, kabupaten hingga provinsi.

Kenapa demikian ketat, karena ada amanah besar yang akan dituntaskannya saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia nanti. Untuk itu siswa-siswi harus mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari. Setelah terpilihpun mereka diharuskan menjaga fisik dan mentalnya selama masa pembekalan berjalan.

“Meskipun ananda adalah orang terpilih, tapi jangan sombong dan lupa diri, tetaplah berlatih dan berdoa. Jaga fokus dan kesehatan. Berikanlah yang terbaik untuk Indonesia,” himbau Mahyeldi.

Baca Juga  Kebakaran Hebat di Padang Selatan, Tujuh Armada Diturunkan

Adapun rincian dari siswa yang terpilih itu adalah, pertama Alfin Alfarisi siswa dari SMA Negeri 1 Padang dan yang kedua Afifah Rinra Putri Siswi dari SMA Negeri 1 Payakumbuh.

Kepada kedua siswa, Mahyeldi berpesan selain menjalankan tugas dengan baik mereka juga harus memanfaatkan momentum langka ini sebagai ajang perluasan jaringan dan perekat silaturahmi baik antar sesama anggota Paskibraka Nasional maupun dengan lingkungan. Menurutnya, silaturahmi itu akan mempermudah kehidupan siapapun kedepannya.

Menyikapi apa yang disampaikan Gubernur Mahyeldi, Alfin Alfarisi sebagai perwakilan Sumbar asal SMA N 1 Padang menyatakan kesiapannya untuk menjalankan tugas dengan optimal untuk mengharumkan nama daerah di tingkat nasional.

“Siap Pak Gub, kita akan memberikan dan menampilkan yang terbaik bangsa, agar nama Sumbar semakin harum ditingkat nasional,” tegas Alfin.

Sementara itu, Afifah Rinra Putri menjelaskan selain akan bertugas sebagai anggota Paskibra, sesampai di Istana Negara nantinya, mereka juga akan menampilkan tarian tradisional Minangkabau (Tari Piring) sebagai bahagian dari pengenalan budaya daerah, kepada para perwakilan provinsi lainnya. Ia mohon doa restu dari seluruh masyarakat Sumbar agar bisa maksimal dan lancar dalam setiap rangkaian kegiatan tersebut.

Baca Juga  Gubernur Tinjau Evakuasi Korban Erupsi Gunung Marapi

“Saya mohon doa dari seluruh masyarakat Sumbar, agar kami diberikan kelancaran dan kemudahan selama bertugas nantinya, tidak hanya sebagai anggota Paskibra tapi juga untuk penampilan tari di Jakarta nanti,” harapnya.

Sebelumnya, ada 56 siswa SMA/SMK dan sederajat dari seluruh kabupaten/kota se Sumbar yang lolos ketahapan seleksi perwakilan provinsi untuk nasional. Setelah proses seleksi itu tuntas, didapati 2 orang lolos untuk menjadi anggota Paskibra Nasional dan 54 lainnya menjadi anggota Paskibraka Provinsi Sumbar. (*/gp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *