Berita  

Gubernur Sumbar Mahyeldi Resmikan Pesantren Terbesar Ma’had Al-Afaf di Pasaman Barat

Gubernur Sumbar Resmikan Pesantren Terbesar Ma'had Al-Afaf di Pasaman Barat
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, gunting pita peresmian pemakaian Pesantren Ma'had Al-Afaf di Pasaman Barat.

Pasbar, Kurenah.com – Pesantren terbesar hadir di Pasaman Barat. Namanya Ma’had Al-Afaf yang dikelola di bawah naungan Yayasan An Naajiya Pasaman Barat pimpinan H. Desmon.

Selasa siang (22/8/2023) kampus terbesarnya diresmikan Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansyarullah, didampingi Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi dan jajaran OPD serta kepala sekolah se Pasaman Barat, di Ophir Simpang Tiga Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Pesantren tersebut hadir berkat kerjasama Kedutaan Kuwait di Jakarta, dan donasi dari Kerajaan Kuwait.

Syeikh Dr Ahmad Hamuud Al Jassar, Ketua Komite Asia Tenggara Jamiyah Ihya Atturast Al Islami Kuwait hadir langsung dalam peresmian pesantren tersebut.

Bersama itu juga hadir wakil Kedutaan Kuwait RI dari Jakarta Mr Abdul Rahman Badar Alsayyeid, Sekretaris II Kedubes Kuwait di Indonesia. Mereka didampingi oleh Ketua Lajnah Khairiyah Mustarakah Jakarta, Ustadz Ahmad Zazawi sekaligus sebagai penterjemah dalam peresmian tersebut.

Gubernur Sumbar Mahyeldi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak pemerintahan Kerajaan Kuwait, Dubes Kuwait untuk RI dan para donatur di Kuwait.

Baca Juga  Update Terbaru!, Lagi Heboh, Link Download Rege FF Auto Headshot APK 2024

“Ini adalah kurnia dari Allah SWT, melalui tangan-tangan saudara kita dari Kuwait, semoga ini bisa mencerdaskan generasi kita di Sumbar, yang terkenal dengan negeri yang banyak melahirkan ulama,” kata Mahyeldi.

Menurut Gubenur jalinan kerjasama Sumbar-Kuwait selama ini telah berjalan dengan baik dan telah banyak memberikan hibah sosial untuk Indonesia baik pesantren, masjid, dan amal sosial kemanusiaan lainnya, khususnya Sumbar. “Semoga kerjasama dan persahabatan ini terus berlanjut,” kata Gubernur.

Syeh Hamuud Al Jassar mewakili donatur dari keluarga Al Afaf juga berterima kasih kepada pemerintah Provinsi Sumbar maupun Kabupaten Pasaman Barat yang telah mengelola pendidikan tersebut.

“Semoga amal jariah ini bermanfaat bagi yang mewakafkan hartanya,” kata Hamuud Al Jasar yang diterjemahkan oleh Ustadz Ahmad Zawawi bin Nawawi.

Ahmad Zawawi dalam sambutan menyebut donasi dari Kuwait kali ini adalah terbesar dari Kuwait untuk Pasaman Barat. “Mudah-mudahan di pesantren ini akan lahir orang-orang yang cerdas dan beriman serta beraklak mulia,” katanya.

Baca Juga  PWI Sumbar Potong Hewan Kurban Pagi Ini

Sementara itu pimpinan Yayasan An Naajiya H. Desmon juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintahan Kuwait, Provinsi Sumbar, Pemda Pasaman Barat.

Pesantren tersebut diperuntukkan untuk siswa setingkat SMP dan SMA putra. Sementara untuk perempuan rencanakan juga akan pisah dengan pesantren laki-laki. Saat ini siswanya sudah mencapai 1000 orang mulai dari tingkatan SD, SMP, SMA.
(junir sikumbang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *