Kombes Yessi Kurniati, Polwan Minang Pertama yang Jadi Kapolresta Bukittinggi

Kombes Yessi Kurniati
Kombes Yessi Kurniati, ketika dilantik jadi Wakapolres Bandara Soekarno Hatta.

Padang, Kurenah.com – Kombes Yessi Kurniati, S.Ik, dilantik menjadi Kapolresta Padang, mengantikan AKBP Wahyuni Sri Lestari, S.IK, Jumat 13 Januari 2023.

Yessi Kurniati sebelum memimpin Polresta Bukittinggi, ia adalah Wakapolresta Padang.

Ia merupakan perempuan kedua yang menjadi kepala kepolisian, setelah AKBP Wahyuni Sri Lestari.

Yessi, Polwan yang berpengalaman di bidang lalu lintas. Kepekaannya terhadap penindakan hukum lalulintas membuat perempuan Minang ini matang dalam menjalankan tugas.

Karir di kepolisian, Yessi juga sudah beberapa kali menjabat posisi Waka Polres.

Pertama pada 2020, ia ditunjuk menjadi Wakapolres Bandara Soekarno-Hatta.

Setahun di sana, ia kemudian dipindah ke Direktorat Pengamanan Objek Vital (Pamobvit) Polda Sumbar sebagai Wakil Direktur, sebelum akhirnya menjadi Wakapolresta Padang.

Karir jabatan Yessi dimulai dari Polda Sumbar, dimana ia pertama kali menjabat sebagai Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Sumbar. Pernah juga menjabat Kepala SPKT.

Baca Juga  HUT Baznas ke-22, Bangun Sinergitas dengan Pemerintah Daerah

Sertijab
Sertijab dipimpin Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Suharyono, S.Ik. Selain Yessi, ada pula beberapa pejabat utama dan kapolres lainnya di jajaran Polda Sumbar.

PJU dan Kapolres yang melaksanakan sertijab diantaranya, Karo Rena, Karo SDM, Dirreskrimum, Kabidkeu, Kapolresta Bukittinggi, Kapolres Pasaman, Kapolres Pasaman Barat, Kapolres Payakumbuh dan Kapolres Kepulauan Mentawai.

Jabatan Karorena dari Kombes Pol Dharu Siswanto diserahkan kepada Kombes Pol Nugrah Trihadi. Kemudian jabatan Karo SDM dari Kombes Pol Defrian Donimando, kepada Kombes Pol Sonny Mulvianto Utomo.

Dirreskrimum dari Kombes Pol Sugeng Hariyadi, diserahkan kepada Kombes Pol Andry Kurniawan, dan jabatan Kabidkeu dari Kombes Pol Toto Fajar Prasetyo, kepada Kombes Pol Kutarto.

Selanjutnya, Kapolresta Bukittinggi dari AKBP Wahyuni Sri Lestari, diserahkan kepada Kombes Pol Yessi Kurniati. Kemudian Kapolres Payakumbuh dari AKBP Alex Prawira, kepada AKBP Wahyuni Sri Lestari.

Baca Juga  Ditpolairud Sumbar Siap Bantu Penyelamatan saat Bencana

Kapolres Pasaman dari AKBP Fahmi Reza, diserahkan kepada AKBP Yudho Untoro, dan Kapolres Kepulauan Mentawai dari AKBP Mu’at, kepada AKBP Fahmi Reza.

Kapolres Pasaman Barat dari AKBP M. Aries Purwanto, kepada AKBP Agung Basuki. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *