Sumbar  

Tim OSN Sumbar Raih 7 Medali di Olimpiade Sains Nasional, Ini Apresiasi Gubernur

Tim OSN Sumbar Raih 7 Medali dari 9 Bidang Studi yang Dilombakan, Ini Apresiasi Gubernur
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi.

Padang, Kurenah.com – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah bangga atas capaian Tim Olimpiade Sains SMA/MA yang berlomba pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023 di Bogor pada 27 Agustus sampai 1 September lalu.

Tim Sumbar berhasil meraih 7 medali dari 9 bidang studi yang diperlombakan.

“Alhamdulillah, Prestasi ini membuktikan bahwa kualitas pelajar di Sumbar tidak kalah dibanding daerah lainnya di Indonesia, kita patut berbangga dengan itu,” ucap Gubernur Mahyeldi di Padang, Sabtu (2/9/2023).

Gubernur menyebut, pihaknya sangat serius dalam pengembangan sektor pendidikan di Sumbar, bahkan hal itu secara jelas dituangkannya kedalam program unggulan provinsi.

Ia mengaku, saat ini yang menjadi fokus utamanya adalah pemerataan akses, ketersediaan infrastruktur,dan peningkatan kualitas baik pengajar maupun siswa pada jenjang SMK dan SMA/MA. Mahyeldi juga menegaskan, kenapa hanya itu? Karena disesuaikan dengan kewenangan Pemerintah Provinsi.

OSN merupakan ajang kompetisi tingkat nasional bagi para peserta didik SD/MI, SMP/MTs dan SMA/ MA serta Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) pada bidang sains. Pada tahun ini, total jumlah peserta OSN jenjang SMA/MA sebanyak 287.880 orang, dari jumlah itu tersisa sebanyak 900 orang yang berhak mengikuti lomba tingkat nasional di Kota Bogor.

Baca Juga  Sumbar Butuh Tenaga Penyuluhan, Gubernur Usulkan Penambahan Formasi CPNS ke Pusat

Sedangkan bidang studi yang dilombakan ada sebanyak 9 bidang, yakni Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Berdasarkan pengumuman pemenang lomba OSN 2023 tingkat SMA/MA yang disampaikan Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kemendikbudristek RI, Asep Sukmayadi menyebut dari 9 bidang studi yang diperlombakan tercatat 7 orang siswa perwakilan Tim OSN Prov. Sumbar berhasil meraih medali.

Adapun rinciannya adalah sebagai berikut, pertama untuk medali emas pada bidang fisika diraih oleh Zahran Nizar Fadlan asal SMAN 1 Padang; kemudian medali perak pada bidang ekonomi berhasil diraih oleh Muhammad Faiz Ihsan Zain asal MAN IC Padang Pariaman.

Selanjutnya ada 5 orang siswa Tim OSN Sumbar yang berhasil meraih medali perunggu yakni Auriel Erich Ibrahim Nasution asal SMAN 1 Padang pada bidang matematika ; selanjutnya Aryagani Manggala Athaseno asal SMAN 1 Padang pada bidang biologi; kemudian Daffa Asrof Rozaan asal MAN IC Padang Pariaman pada bidang astronomi; Selanjutnya Bermulya Anugerah Putra asal MAN IC Padang Pariaman pada bidang informatika; dan yang terakhir Muhammad Fadhlan Hakim asal SMAN 3 Batusangkar pada bidang geografi.

Baca Juga  Halal bi Halal PWI Sumbar, Menjaga Silaturahmi dan Syiar Islam itu Wajib

Meskipun Tim OSN Sumbar belum berhasil meraih juara umum pada ajang tersebut, Gubernur Mahyeldi mengaku bangga dan mengapresiasi capaian tersebut.

Bahkan sebagai bentuk apresiasinya, ia memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan Sumbar beserta para Kepala Sekolah Siswa berprestasi tersebut untuk menyambut langsung kepulangan Tim OSN Prov. Sumbar di Bandara Internasional Minangkabau. (*/gp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *