Bawaslu Agam Launching Jarimu Awasi Pemilu

Bawaslu Agam launching jarimu awasi pemilu
Bawaslu Agam launching jarimu awasi pemilu. | Foto rakyatterkini.com

Lubuk Basung, Kurenah.com – Dengan Komitmen wujudkan penyelenggaraan pemilu yang demokratis, damai dan berintegritas, Bawaslu Agam melaunching platform pengawasan pemilu dan posko pengawalan hak pilih, Selasa (14/2/2023) di lubuk Basung.

Platform bertajuk Jarimu Awasi Pemilu dan Posko Kawal Hak Pilih ini dilaunching bertepatan sosialisasi pengawasan partisipatif bertajuk satu tahun menuju pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Agam, Elvys menyebutkan berdasarkan survey Bawaslu RI belum lama ini, Kabupaten Agam termasuk daerah dengan indeks kerawanan pemilu tertinggi.

Untuk mencegah kecurangan pemilu di daerah tersebut, pihaknya terus berupaya menghadirkan penyelenggaraan pemilu yang damai dan berintegritas.

Baca Juga  Family Gathering RSUD Lubuk Basung di Lawang Park, Santai dan Bertabur Hadiah

“Dengan itu hari ini secara serentak di seluruh Indonesia dicanangkan gerakan deklarasi kampanye damai dan launching Jarimu Awasi Pemilu dan Posko Kawal Hak Pilih,” jelasnya.

Dikatakan, Jarimu Awasi Pemilu merupakan platform digital yang dapat diakses masyarakat untuk mengetahui kegiatan pengawasan yang dilakukan Bawaslu di seluruh Indonesia.

Melalui Jarimu Awasi Pemilu masyarakat juga dapat melaporkan dugaan pelanggaraan pemilu. Pelanggaran itu diantaranya penyalanggunaan media sosial, disinformasi, kampanye hitam, ujaran kebencian dan hoax.

“Jika didapati pelanggaran, maka bisa langsung diadukan ke jarimu awasi pemilu. Perkembangan laporan juga dapat diketehui. Hal ini dalam rangka memudahkan pengawasan oleh masyarakat,” sebutnya.

Baca Juga  Baksos dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-77, Kapolri Ingin Selalu Bersama Masyarakat

Menurutnya, Posko Kawal Hak Pilih merupakan sarana yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengkawali pemuktahiran data pemilih. (vn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *