Hebat! Masyarakat Solok Selatan Tercover BPJS Kesehatan Mencapai 92,92%

Petugas BPJS Kesehatan sedang melayani masyarakat
Petugas BPJS Kesehatan sedang melayani masyarakat

Padang Aro, Kurenah.com – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan terus berupaya meningkatkan jaminan kesehatan melalui BPJS Kesehatan.

Hingga Februari 2023 ini jumlah masyarakat Solok Selatan yang tercover BPJS Kesehatan sudah mencapai 92,92%.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Solok Selatan, Desi Oktarina mengatakan dari 182.181 jumlah masyarakat yang terdata, sebanyak 169.283 sudah tercover BPJS Kesehatan. Angka ini naik dari periode akhir Agustus 2022 lalu yang baru sebanyak 161.148 orang.

“Menurut data dari dashboard JKN Pemda Solok Selatan, jumlah yang tercover BPJS Kesehatan mencapai 92,92%. Ini naik dari posisi akhir Agustus 2022 yang baru mencapai 88,45%,” kata Desi, Selasa (14/2/2023).

Baca Juga  Wagub Tinjau GOR Rimbo Tangah, Perhelatan MTQ Tingkat Sumbar di Solsel

Secara lebih rinci, jumlah masyarakat yang belum tercover jaminan kesehatan per Februari sebanyak 12.897 orang, turun dari posisi Agustus tahun lalu yang sebanyak 21.033 orang.

Sementara itu, Kepala BPKD Solok Selatan, Marfiandhika Arif mengatakan setiap tahunnya, Pemkab Solsel terus menambah alokasi anggaran untuk meningkatkan coverage peserta BPJS.

“Tahun 2022 lalu kita anggarkan Rp17 Miliar, dan tahun ini kita tingkatkan lagi menjadi Rp19,5 Miliar,” terang Andhi.

Bupati Solok Selatan Khairunas juga menyebutkan pemkab terus berupaya menurunkan jumlah masyarakat yang tidak tercover pada asuransi BPJS.

Baca Juga  Gemapatas, di Solok Selatan Pencaplokan Tanah Masih Terjadi

“Hingga hari ini presentase kepesertaan BPJS Kabupaten Solok Selatan adalah sebanyak 92%. Kita upayakan terus meningkat setiap tahunnya,” kata Khairunas. (alwis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *