Sawahlunto Terima Piala Adipura Ketiga Kalinya

Walikota Sawahlunto, Deri Asta terima Piala Adipura dari Menteri KLHK, Siti Nurbaya.
Walikota Sawahlunto, Deri Asta terima Piala Adipura dari Menteri KLHK, Siti Nurbaya.

Jakarta, Kurenah.com – Piala Adipura merupakan apresiasi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kepada masyarakat di daerah yang sukses mengelola kebersihan lingkungan perkotaan.

Ada perobahan signifikan dalam penilaian Adipura kali ini. Jika sebelumnya penilaian Adipura hanya fokus pada kebersihan dan penataan ruang di area perkotaan, tahun ini lebih fokus pada pengelolaan—penanganan dan pengurangan sampah yang tertuang dalam kebijakan strategi daerah (Jakstrada).

Seiring dengan perubahan indikator penilaian yang sangat ketat, tampaknya akan menjadi tantangan cukup berat bagi kota Sawahlunto untuk meraih Piala Adipura.

‘’Meski berat, kita tetap harus optimis. Alhamdulillah, berkat dorongan dan suport kepala daerah, OPD terkait, masyarakat, dan stakeholder lainnya, terutama sekali rekan-rekan pasukan kuning (petugas kebersihan), kota Sawahlunto untuk ketiga kalinya berturut dianugerahi Piala Adipura, penghagaan tertinggi sesudah Adipura Kencana, ” ujar Adrius Putra, Kepala DPKP2LH Sawahlunto disela-sela penyerahan Piala Adipura, Selasa (28/2/23) di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Baca Juga  Geopark Batu Runciang Silungkang Kereen untuk Dikunjungi, Pemko Sawahlunto Dapat Kucuran Rp2,4 M

Walikota Sawahlunto, Deri Asta yang menerima Piala Adipura dari Menteri KLHK, Siti Nurbaya, terlihat sangat bersuka cita atas penganugerahan tersebut.

“Penghargaan ini sejatinya adalah kepada masyarakat kota Sawahlunto, saya sebagai walikota hanya mewakili masyarakat untuk menerima Piala Adipura ini,” ucapnya.

Dia juga memberikan apresiasi kepada pasukan kuning (petugas kebersihan) yang menjadi garda terdepan dalam menjaga dan mengelola kebersihan lingkungan di kota Sawahlunto.

“Kebersamaan dan sinergisitas ini harus kita jaga dan lanjutkan untuk masa-masa mendatang. Insya Allah dengan tetap bersama, tahun depan kita akan raih Piala Adipura Kencana. Kita berhak mengajukan diri untuk mendapatkan penghargaan Adipura Kencana, karena sudah tiga kali meraih Piala Adipura, ” ujar Deri Asta optimis. (ris1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *