Pemkab Tanah Datar Luncurkan Program Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Pemkab Tanah Datar Luncurkan Program Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Bupati Tanah Datar, Eka Putra, berikan arahan pada penerima manfaat.

Tanah Datar, Kurenah.com – Bupati Tanah Datar, Eka Putra mengatakan, sebagai bentuk iktiar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, pemerintah daerah telah meluncurkan berbagai program dan kegiatan yang bertujuan akhir untuk mewujudkan hal itu.

“Untuk memangkas biaya operasional para petani dalam bertani telah diluncurkan Program Bajak Sawah Gratis, juga ada Asuransi Sapi dan Asuransi Tani. Bagi pelaku UMKM juga diluncurkan Program Makan Rendang yakni Pemberantasan Rentenir Agar Hilang di Tanah Datar,” ujar Eka Putra saat Pembinaan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan Program Keluarga Harapan (PKH) di Masjid Baiturrahman Pagaruyung, Selasa (20/6/2023).

Dikatakan, khusus Program Makan Rendang sangat pas untuk membantu KPM PKH yang meneriakan tagline ‘dari PKH menjadi pengusaha’ untuk mewujudkan keinginannya itu.

Baca Juga  Sukseskan Pertanian, Bupati Tanah Datar Raih Penghargaan

Program makan rendang ini bukanlah makan sambal rendang, namun sebuah program bantuan modal bagi Bapak atau ibuk untuk berusaha berdagang ataupun pelaku UMKM. Hanya dibebankan biaya administrasi dan tanpa agunan akan bisa diberikan pinjaman maksimal 10 juta rupiah dengan masa pengembalian 24 bulan atau 2 tahun, jadi manfaatkanlah program ini, kalau belum paham silahkan tanya wali nagarinya.

Untuk bidang pendidikan, masyarakat KPM dan PKH juga tidak perlu risau, namun terus mendorong anak-anaknya untuk melaksanakan Program Satu Rumah Satu Hafiz/hafizah.

Kepala Dinas Sosial Afrizon mengatakan, pembinaan bagi KPM dan PKH hari itu dilaksanakan gabungan antara beberapa jorong di Nagari Pagaruyung dan Nagari Saruaso.

“Pembinaan hari ini dari beberapa jorong, yakni Jorong Balai Janggo, Koto Tangah, Nan IX, Gudam, Madahiling, Saruaso Barat dan jorong Kubang Landai dengan peserta pembinaan oleh pendamping sebanyak 214 orang,” sampainya.

Baca Juga  Bupati Minta Orangtua untuk Mendukung Anak Belajar Agama

Diungkapkan Afrizon lagi, untuk tahun 2023 ini telah terjadi gradusi alami dan graduasi mandiri dengan total 20 KPM. (farid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *