Petani Asean Takjub Melihat Keindahan Alam Sumatera Barat

Petani Asean Takjub Melihat Keindahan Alam Sumatera Barat
Keindahan alam Sirukam, Kabupaten Solok.

Padang, Kurenah.com – Sejumlah petani Asean, petani Jepang dan Amerika Serikat, kunjungi dua wilayah pertanian di Sumatera Barat.

Petani Asean itu di antaranya berkunjung ke Sirukam Dairy Farm, Kabupaten Solok dan Nagari Tabek Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar. Di dua nagari itu, petani luar negeri ini takjub melihat keindahan alam Sumatera Barat.

Selain itu, mereka juga berkunjung ke Ummi Aufa Hakim dan City Tour keliling Kota Padang. Perjalan itu menjadi pengalaman berharga dan menyenangkan bagi petani Asean.

Mereka berkeliling dan melihat pola pengembangan pertanian di Sumatera Barat.

Petani Asean dan mitra dari Jepang dan Amerika Serikat itu, di antaranya Filipina, Malaysia, Thailand, Jepang dan AS. Mereka datang ke Sumatera Barat sebagai tamu undangan Penas KTNA ke XVI tahun 2023 di Kota Padang.

Baca Juga  Singkarak Fun Camp dan Launching Calender of Even 2023 Dimulai

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengatakan semangat kolaborasi perlu selalu ditingkatkan, untuk menghasilkan percepatan.

“Tidak ada salahnya kita manfaatkan kegiatan ini sebagai ajang penjajakan kerjasama,” ajak Gubernur Mahyeldi saat malam temu ramah dengan petani Asean dan mitra, Selasa (13/6/2023) malam.

Sementara itu, Kepala Pusat pelatihan Pertanian, Badan Penyuluhan dan pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian RI, Muhammad Amin mengatakan para delegasi Asean dan beberapa negara lainnya ini telah banyak belajar dari pola pengembangan pertanian yang telah dilakukan di Sumbar.

“Mereka telah berkeliling, untuk melihat pola pengembangan pertanian Sumbar, dua daerah yang menjadi tujuan studi tour kemaren adalah Kabupaten Solok dan Tanah Datar,” ungkap Amin.

Ia menuturkan, dari kunjungan tersebut mereka sangat senang, mudah-mudahan dengan kehadirannya di sini bisa membawa kemajuan bagi pembanguan pertanian secara regional dan internasional.

Baca Juga  Otewe Sumbar, Epyardi Kian Dikenal di Padang Pariaman

Amin menerangkan, saat study tour, tidak hanya bidang pertanian yang dilihat oleh para delegasi internasional tersebut tapi mereka juga mengunjungi beberapa destinasi pariwasata Sumbar. Ia meyakini, itu bagus untuk promosi daerah. (gp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *