Bupati Tanah Datar Perangi Penyakit TBC, Ini Gebrakannya

Bupati Tanah Datar Antisipasi dan Perangi Penyakit TBC
Bupati Tanah Datar, Eka Putra bersama OPD tekan komitmen bersama dalam memerangi TBC.

Tanah Datar, Kurenah.com – Bupati Tanah Datar Eka Putra, membuka kampanye tuberkulosis (TBC) dan sosialisasi program inovasi tim handal eliminasi, di Ballroom Hotel Emersia Hotel and Resort, Batusangkar, Kamis (20/7/2023).

Kegiatan itu pun, melibatkan 172 orang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tanah Datar pemuda pelopor inovasi, penyintas TBC, komunitas peduli TBC, kader TBC remaja, petugas pengelola TBC dan kontak erat TBC.

Bupati Eka Putra mengatakan kegiatan itu, dianggap penting untuk membangun kesadaran masyarakat mengantisipasi penyebaran penyakit TBC.

Ia menambahkan butuh kolaborasi lintas sektoral menyelesaikan permasalahan TBC ini, sebagai bentuk dukungan atas komitmen Indonesia bebas dari TBC di tahun 2030.

Baca Juga  Pisah Sambut Kajari Batusangkar, Otong Hendra Pergi, Anggiat Pardede Datang

“Tidak hanya di Indonesia, di Kabupaten Tanah Datar masih ditemukan beberapa kasus TBC. Maka dari itu, sudah menjadi tugas bersama untuk memerangi penyakit yang menular ini, agar hilang di Tanah Datar,” ujar Bupati Eka Putra.

Bupati berharap masyarakat secara aktif melaporkan jika menemukan kasus TBC ke pihak terkait untuk menekan penularan TBC di sekitarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar dr. Yestita Zedrianis, mengatakan tujuan kegiatan itu, guna memperkuat kerjasama, komitmen seluruh pihak dalam mencapai eliminasi TBC.

“Kegiatan ini diperlukan agar seluruh pihak dapat menginformasikan penyakit TBC ke masyarakat, sehingga apabila ada gejala muncul TBC di tengah masyarakat, ia segera memeriksakan diri fasilitas kesehatan,” ujarnya. (farid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *