Kejurnas Pacu Kuda Pordasi ke 57 Seri I dan II Dilaksanakan di Sawahlunto

Kejurnas Pacu Kuda Pordasi ke 57 Seri I dan II Dilaksanakan di Sawahlunto
Ketua Umum PP Pordasi, Trus Wati Marciano, dan Ketua Pengprov Pordasi Sumbar, Deri Asta bersama pengurus Pordasi lainnya.

Sawahlunto, Kurenah.com – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pacu Kuda Persatuan Olah Raga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) ke-57 Seri I dilaksanakan Minggu (30/7/2023) di Gelanggang Pacu Kuda Kandi kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

Ketua Pengprov Pordasi Sumbar, Deri Asta yang juga Walikota Sawahlunto, mengatakan kepada awak media, Sabtu (29/7/23) di Gelanggang Pacu Kuda Kandi Sawahlunto.

Babak penyisihan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) pacu kuda Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) ke-57 seri 1 telah dilaksanakan pada Minggu, 16 Juli 2023 yang lalu di tempat yang sama.

Pada babak penyisihan seri I ini, terdapat 9 provinsi yang berpartisipasi dalam kompetisi, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi Utara, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Aceh, Riau, dan tuan rumah Sumatera Barat.

Selama babak kualifikasi, beberapa nomor perlombaan yang akan dipertandingkan meliputi,

Kelas 2 tahun C/D dengan jarak 1.200 meter, terdapat 3 race yang akan diikuti oleh 26 kuda.Kelas 2 tahun A/B dengan jarak 1.400 meter, terdapat 2 race yang akan diikuti oleh 21 kuda.Kelas 3 tahun A/B dengan jarak 2.000 meter (derby), diikuti oleh 16 kuda.

Baca Juga  Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Polsek dan Koramil 05 Talawi Gelar Patroli Gabungan

Acara tersebut berjalan lancar atas persiapan yang matang oleh beberapa pihak, yakni ketua pelaksana, Fauzan Havis , Choirul Muslim selaku sekretaris event, dan dukungan penuh dari Pemko Sawahlunto dan Pemprov Sumatera Barat serta beberapa sponsor.

“Babak final dari seri I kejurnas ini akan dilaksanakan pada Hari Minggu, 30 juli 2023 di Gelanggang Pacu Kuda Kandi ini” ujar Deri Asta.

Sementara itu, untuk seri II akan dilaksanakan pada Agustus sampai September 2023. Untuk pendaftaran akan ditutup pada 12 Agustus, sedangkan pertandingan babak penyisihan akan dimulai pada 20 Agustus dan akan diakhiri dengan babak final yang akan dipertandingkan pada 3 September 2023.

Ketua Umum PP Pordasi, Tri Wati Marciano yang ikut hadir pada kesempatan itu megungkapkan, kalau pergelaran kejurnas I dan II di kota Sawahlunto adalah prestasi yang membanggakan bagi masyarakat Sumatera Barat dan kita Sawahlunto khususnya.

Baca Juga  Destinasi Batu Runciang Silungkang, Batu Purba Luar Biasa di Bentangan Hutan

“Ini adalah untuk pertama kalinya dilaksanakan Kejurnas Seri I dan II pada satu daerah di luar pulau Jawa, biasanya dilaksanakan di daerah yang berbeda. Selamat buat Pengprov Pordasi Sumbar dan kota Sawahlunto di bawah kepemimpinan Deri Asta,” ungkapnya.

Kejurnas pacu kuda Pordasi 57 Seri I tahun 2023 ini menjadi salah satu rangkaian daripada babak kualifikasi untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh dan Sumatera Utara pada 2024. (ril/ris1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *