Objek Wisata Plaza Air Terjun Timbulun akan Berdiri Megah di Pesisir Selatan

Objek Wisata Plaza Air Terjun Timbulun akan Berdiri Megah di Pesisir Selatan
Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, letakan batu pertama pembangunan objek wisata Plaza Air Terjun Timbulun, Painan.

Painan, Kurenah.com – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yu Anwar menghadiri peletakan batu pertama pembangunan objek wisata Plaza Air terjun Timbulun Painan Kecamatan IV Jurai. Senin (14/08).

Bupati mengatakan tujuan pembangunan objek wisata baru ini adalah untuk membuat objek wisata air terjun timbulun ini menjadi kawasan yang aman dan nyaman bagi pengunjung.

Selain itu, menciptakan kawasan objek wisata baru di Pesisir Selatan yang diharapkan terkoneksi langsung dengan objek wisata Pantai Carocok Painan.

Pembangunan ini semoga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pesisir Selatan, khususnya masyarakat Painan, kata bupati.

Diharapkan dengan berkembangnya objek wisata ini dapat meningkatkan PAD Pesisir Selatan.

“Untuk masterplannya, sengaja kami datangkan seorang arsitek terkenal dari Jakarta yaitu Budi Pradono,” ungkapnya.

Ia berharap, agar pembangunan destinasi wisata Air Terjun Timbulun ini tidak kalah saing dengan kawasan wisata lainnya di Indonesia.

Baca Juga  Wawako Zohirin Sayuti Lepas Keberangkatan JCH Kloter 14 Sawahlunto

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Suhendri Zainal menerangkan, pembangunan Objek Wisata Plaza Air Terjun Timbulun dari anggaran DAK fisik Bidang Pariwisata Tahun 2023 dengan nilai Rp3.358.776.000

Ia mengatakan, tahapan pembangunan dilaksanakan dua tahun anggaran DAK 2023 dan 2024. Untuk 2023 dibagi menjadi dua menu, menu satu pembangunan fasilitas area penunjang kegiatan wisata, area parkir pengunjung, bangku taman, gazebo, plaza kuliner, kios kuliner dan fasilitas umum, tempat parkir, tempat ibadah dan toilet.

Usulan 2024, pembangunan TIC dan perlengkapan, fasilitas aksibilitas, fasilitas hiking, fasilitas kebersihan, fasilitas mitigasi bencana dan alam, panggung kesenian/ pertunjukan dan perlengkapan lainya.

“Pembangunan Plaza Timbulun perpaduan wisata air dengan ekowisata. Dengan luas lahan 4,4 Ha,” ucapnya

Ia melanjutkan, ada empat segmen di dataran air terjun timbulun, segmen pertama (bantaran rendah atau pinggiran), Segmen kedua perbukitan sebelah kiri memiliki keunikan (dibangun 1000 tangga menuju puncak glass bridge (jembatan kaca), segmen ketiga (pembangunan agrowisata – glass bridge).

Baca Juga  Ibu-Ibu dan Remaja Putri Ikuti Pelatihan Membatik

“Segmen keempat adalah wahana air sungai, dimulai dari air terjun Timbulun sampai dengan sepanjang aliran sungai (kolam renang, jembatan penyeberangan, dan wahana air lainya),” tutupnya. (baron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *