Sumbar  

Buka Rakerda Apersi, Gubernur Mahyeldi Minta Kuantitas dan Kualitas Perumahan Terus Ditingkatkan

Buka Rakerda Apersi, Gubernur Mahyeldi Minta Kualitas Perumahan Terus Ditingkatkan
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, saat membuka Rakerda DPD Apersi.

Padang, Kurenah.com – Kebutuhan akan perumahan yang laik dan terjangkau bagi warga Sumatera Barat semakin meningkat.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah berharap, agar seluruh pihak terkait terus meningkatkan sinergitas, serta menjamin kualitas perumahan yang dibangun sesuai dengan standar kelaikan.

Itu disampaikan gubernur saat membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Provinsi Sumatera Barat, bertempat di Hotel Trumtum, Kota Padang, Senin (21/8/2023).

“Saat warga tinggal di rumah yang kondusif, nyaman, dan aman, maka tentu akan mendukung kondisi kesehatan dan produktivitasnya. Oleh karena itu, kita berharap Apersi bersama pihak terkait terus bersinergi mewujudkan rumah yang laik bagi warga kita, terutama bagi yang berpenghasilan rendah,” ucap Mahyeldi.

Penyediaan perumahan yang laik dan terjangkau, bukan saja amanat negara, melainkan juga perintah agama. Sehingga, Apersi sebagai organisasi pengembang, diharapkan terus berupaya agar niat baik pemerintah melalui subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah, dapat terealisasi sesuai harapan.

Baca Juga  20 Mahasiswa dan Pemuda Sumbar Dicetak Menjadi Pegiat Conten Kreatif untuk Menyuarakan Karakter Indonesia

Mahyeldi berharap agar Apersi bersama Perbankan, Pengusaha Bahan Bangunan, dan tentu saja Pemda melalui OPD terkait perizinan, permukiman, dan lain sebagainya, harus menjawab tantangan kebutuhan tersebut dengan penyediaan perumahan yang laik, aman, nyaman, sesuai standar, serta terjangkau oleh warga berpenghasilan rendah.

Selain itu patut diingat, bahwa pemerintah juga akan meningkatkan pengawasan atas implementasi standardisasi perumahan bersubsidi di lapangan. Sebab, kita menerima juga keluhan dari masyarakat. Kita perlu awasi demi memastikan masyarakat yang membeli rumah bersubsidi, tidak mendapatkan masalah dan ketidakpastian, ucap Mahyeldi menutup.

Di sisi lain, Ketua Umum (Ketum) DPP Apersi, Junaidi Abdillah berharap, agar Rakerda Apersi Sumbar dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi penting, sehingga sinergitas dalam pembangunan perumahan bersama pihak-pihak terkait di Sumbar dapat terus diperkuat.

Sementara itu, Ketua DPD Apersi Sumbar, Liswendi Kamar, mengatakan, saat ini Apersi Sumbar telah diperkuat oleh 170 anggota yang tersebar di seluruh kabupaten/kota. Dalam tiga tahun terakhir, pengembang yang bernaung di bawah Apersi sudah membangun setidaknya 8.500 unit rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Baca Juga  Gubernur Ajak Pelaku Industri Bangkitkan Pariwisata Sumbar

“Capaian ini tentu saja merupakan wujud komitmen kami dalam memenuhi kebutuhan perumahan bagi warga berpenghasilan rendah. Ke depan, tentu kami sangat bergantung pada sinergitas dan support berbagai pihak dalam percepatan pembangunan rumah yang aman dan nyaman bagi seluruh warga Sumbar,” ucap Liswendi. (*/gp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *