Gedung SDN 28 Surantih Jadi Penahan Ombak, Pemerintah Diam Saja

Dinding SDN 28 Surantih jadi penahan ombak
Dinding SDN 28 Surantih, Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan, jadi penahan ombak.

Painan, Kurenah.com – Gedung SDN 28 Nagari Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, rusak akibat hantaman ombak pasang.

Gedung sekolah tersebut dihantam ombak karena berada di bibir pantai. Beberapa tahun lalu sudah diupayakan oleh anggota dewan Ikal Jonedi untuk memasang tanggul penahan ombak.

Namun kurung waktu berjalan sudah berapa tahun, batu penahan bibir pantai tersebut sudah tergerus kikisan ombak dan tidak berfungsi lagi.

Gedung SDN 28 Surantih tersebut mengalami kerusakan pada bagian dinding.

Selain itu, kerusakan juga terjadi bagian atap yang mulai bocor saat hujan turun, sangat disayangkan dalam proses belajar anak-anak kewalahan akibat basah tertimpa tetesan air.

Baca Juga  Langkah Cepat Lisda Hendrajoni, Berikan Bantuan di Wilayah Terdampak Banjir Pesisir Selatan

Ikal Jonedi mengatakan, kondisi tersebut sudah berlangsung selama puluhan tahun terakhir. Namun tidak ada tanggapan dari dinas terkait dari pemerintah kabupaten.

“Saya sebagai anggota dewan dapil 3 Sutera Lengayang ini, selalu menyampaikan pada rapat paripurna di DPRD Pessel tentang sekolah ini. Namun tidak ada sama sekali ditanggapi pemerintah, ujarnya kepada Kurenah.com di lapangan, Minggu (12/2/2023).

Penuturan Ikal, dinding sekolah pada bagian belakang sudah menjadi penahan ombak selama ini, karena tidak adanya tanggul sama sekali bisa menahan deburan ombak itu.

Dia berharap, pemerintah bisa memberikan solusi untuk memindahkan sekolah tersebut ke tempat yang lebih aman.

Baca Juga  Beasiswa SDM Sawit Dibuka, Kuliah Gratis untuk 2.000 Anak Indonesia

Sementara tanah untuk pembangunan sekolah itu sudah ada, agar siswa dan guru bisa nyaman dalam proses belajar dan mengajar. (ind)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *