Di Pesisir Selatan, 42.708 Anak jadi Sasaran Imunisasi Polio

Petugas imunisasi polio berfoto bersama camat.
Camat Basa Ampek Balai Tapan, Aflizen bersama petugas imunisasi.

Painan, Kurenah.com – Imunisasi polio sedang gencar-gencarnya dilakukan di Sumatera Barat. Camat Basa Ampek Balai Tapan Aflizen, meninjau Crash Program Polio di Posyandu Nagari Batang Arah, dan Nagari Tapan, Kecamatan Basa Mapek Balai Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu (8/3/2023).

Menurut camat, imunisasi ini sangat penting untuk mencegah tertularnya penyakit Polio.

Diminta pada warga untuk membawa anaknya ke posyandu terdekat, dan ada sembilan posyandu yang melayani imunisasi polio.

Crash Program Polio merupakan kegiatan pemberian imunisasi polio tambahan pada sasaran tanpa memandang status, dan interval imunisasi sebelumnya baik imunisasi rutin maupun Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

Baca Juga  Mengenang Tokoh Muhammadiyah, Masjid Samik Ibrahim Berdiri Megah di Ampiang Parak

Untuk Sumbar cakupan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) tahun 2022 baru tercapai 68,9 persen atau masih jauh dari target. Sementara di Pessel baru tercapai tahun 2019 sebesar 89,9 persen, tahun 2020 sebesar 72,7 persen, dan tahun 2021 sebesar 62,2 persen pula.

Walau meningkat di tahun 2022 dan merupakan tertinggi di Sumbar, namun belum mencapai target karena masih 87,6 persen, dari target 90 persen.

Berdasarkan hal itu masih ada 12,4 persen, atau sebanyak 1.020 orang anak yang belum lengkap imunisasinya. Sedangkan sasaran anak yang akan diimunisasi di Pessel sebanyak 42.708 anak. (baron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *