Hebat! Tiga Kali Berturut-turut Sawahlunto Raih Piala Adipura

Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti.
Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti.

Sawahlunto, Kurenah.com – Kerja keras Pemerintah Kota Sawahlunto menciptakan lingkungan nan asri akhirnya membuahkan hasil. Tahun ini, Piala Adipura berhasil diboyong untuk ketiga kalinya secara beruntun.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI menetapkan Kota Sawahlunto sebagai salah satu daerah yang meraih penghargaan dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan itu.

Atas prestasi bersejarah yang diraih, Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti menyebut, hal ini merupakan keberhasilan pemerintah daerah bersama seluruh lapisan masyarakat di Sawahlunto.

Menurut Zohirin Sayuti yang mewakili Walikota Deri Asta sedang tugas keluar daerah, tanpa dukungan dari masyarakat, mustahil pemerintah daerah bisa memboyong penghargaan bergengsi tingkat nasional ini.

“Tentunya ini menjadi kebahagian bagi masyarakat Sawahlunto, usaha panjang kita akhirnya berbuah manis. Adipura ini telah memposisikan daerah kita sejajar dengan kota-kota bersih lainnya di Indonesia. Apresiasi setinggi-tingginya patut kita haturkan kepada petugas kebersihan dan masyarakat yang tidak kenal lelah mewujudkan kota Sawahlunto yang asri, bersih dan indah,” ucapnya saat diwawancarai Rakyatterkini.com

Zohirin Sayuti juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berpartisipasi aktif dalam menjaga lingkungan hidup. Harapan yang sama juga disampaikan kepada seluruh stakeholder terkait.

Baca Juga  Pasukan Orange Agam Bersorak Gembira, Piala Adipura Disambut di BIM

Piala Adipura ini sebut wawako, diharapkan menjadi titik berangkat bagi pemangku kepentingan untuk meningkatkan kawasan yang sehat dan bersih. Sehingga, tahun depan Piala Adipura kembali bisa diboyong sekaligus Adpura Kencana ke kota Sawahlunto.

“Dengan diraih tiga kali berturut-turut Piala Adipura, sehingga kita bisa mencalonkan kota Sawahlunto sebagai salah satu kota penerima Adipura Kencana, penghargaan tertinggi lingkungan hidup. Kalau tidak ada Covid-19 tahun 2020 dan 2021 (tidak ada penilaian) mungkin kita sudah lima kali berturut menerima penghargaan Adipura ini,” tegasnya optimis.

Sementara itu Kadis Lingkungan Hidup Sawahlunto, Adius Putra secara terpisah membenarkan kota Sawahlunto meraih penghargaan Piala Adipura untuk ketiga kalinya berturut – turut.

“Benar, Alhamdulillah kota Sawahlunto kembali menerima penghargaan Piala Adipura untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, kalau seandainya tahun 2020 dan 2021 ada penilaian mungkin kita saat ini jadi lima kali berturut mendapatkan penghagaan Adipura itu.” ucapnya.

Baca Juga  Luar Biasa, Piala Adipura Diarak dengan Mobil Bak Terbuka hingga Kota Batusangkar

Kemudian jelasnya, penilaian saat ini jauh berbeda dengan penilaian-penilaian sebelumya.

“Kalau dulu hanya sebatas kumpul, angkut dan buang, tapi sekarang penanganan sampah itu harus berkelanjutan, harus ada pengolahan dari sampah tersebut. Dan itulah yang kita lakukan mengolah sampah tersebut menjadi produk yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan hidup,” ulas Adrius.

Sesuai undangan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK-RI) tanggal,16 Februari 2023 menerangkan penyerahan Piala Adipura itu akan diserahkan kepada walikota pada 28 Februari 2023 di Auditorium Dr.Soedjarwo,Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat. (ris1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *