Tanah Datar Perkenalkan Potensi Wisata di Riau

Ayo ke Tanah Datar
Ayo ke Tanah Datar

Pekanbaru, Kurenah.com – Momentum dua tahun duet kepemimpinan Bupati Tanah Datar, Eka Putra bersama wakil bupati Richi Aprian, Calender of Event (CoE) Pariwisata Tanah Datar Tahun 2023 resmi di launching, Minggu (26/2/2023) malam di Riau Garden Pekanbaru, Provinsi Riau.

Bupati Eka Putra mengungkapkan pelaksanaan launching CoE di Kota Pekanbaru sebagai bentuk usaha lebih, dalam memperkenalkan potensi wisata di Tanah Datar kepada masyarakat ataupun perantau.

Setidaknya tahun lalu tercatat 1,2 juta wisatawan berkunjung ke Tanah Datar, dan 60% merupakan warga Riau. Potensi ini yang kita maksimalkan dengan menggelar CoE di sini, sehingga masyarakat Riau dan khususnya warga kota Pekanbaru mengetahui jadwal pasti dalam pelaksanaan berbagai event wisata di Tanah Datar, sehingga target 2 juta wisatawan bisa dicapai di tahun 2023, ujarnya.

Dikatakan, CoE Kabupaten Tanah Datar memiliki 55 iven yang akan dilaksanakan selama 155 hari di tahun 2023 ini dengan berbagai event budaya, kesenian dan juga olahraga

“Pada Januari dan Februari, diawali dengan Pacu Jawi di Kecamatan Sungai Tarab dan Kecamatan Lima Kaum. Selanjutnya akan diwarnai 35 iven Program Unggulan Satu Nagari Satu Event. Nanti akan diawali Pesona Tobek Loweh Nagari Parambahan pada 11 Maret, diakhiri Festival Pesona Minangkabau di Istano Basa Pagaruyung pada 7 sampai 10 Desember 2023,” terang Eka.

Baca Juga  Jebol Atap Penjara, M Fadli Napi Kasus Pencurian Kabur dari Rutan Batusangkar

Khusus Program Satu Nagari Satu Event, dinilai cukup mampu memberikan dampak multiplier, seperti perekonomian masyarakat meningkat melalui UMKM dan kuliner.

Yang menarik dalam event ini, kuliner, adat dan budaya masyarakat di nagari yang telah lama terpendam dibangkitkan dan ditampilkan kembali, agar masyarakat tahu, menyaksikan serta menikmatinya.

Eka mengajak semua masyarakat di Pekanbaru dan seluruh masyarakat dimana saja, CeO sudah launching dan memiliki jadwal pasti, mari kunjungi berbagai iven yang ada.

Sebelumnya Ketua IKTD Kota Pekanbarum Taufik Arrahman menyampaikan ucapan terima kasih atas pelaksanaan launching CoE di Kota Pekanbaru.

Ketua IKTD Provinsi Riau, Nurzahedi Eddy Tanjung juga menyampaikan hal hampir sama untuk mendukung seluruh pelaksanaan CoE Tanah Datar 2023.

“Kita mendukung dan berterima kasih atas launching CoE ini, karena memberikan jadwal dan waktu yang jelas bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Tanah Datar, namusaya harap rambu-rambu atau pertanda objek wisata semakin dilengkapi,” sampainya.

Sementara Kadis Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Tanah Datar yang telah melaunching CoE Tahun 2023.

“Atas nama Pemprov Sumbar kami sampaikan apresiasi, karena program ini sejalan dengan program Pemprov Sumbar, dimana tahun 2023 Pemprov telah meluncurkan 85 CoE dengan target 8 juta lebih wisatawan berkunjung.

Baca Juga  Wuiss Mantap, Permainan Cak Bur Difestivalkan di Batusangkar

Satu hal lagi yang patut diapresiasi, kata Luhur, Bupati Tanah Datar bersama pemerintah daerah langsung melakukan launching CoE ke daerah sasaran yang sangat potensial untuk berkunjung ke Tanah Datar ataupun daerah di Sumatra Barat lainnya.

“Dari kajian kami, masyarakat Riau adalah potensi utama atau wisatawan yang banyak datang berkunjung ke Sumatra Barat. Jadi sangat baik sekali CoE Tanah Datar di launching di sini, semoga kunjungan ke Tanah Datar dan Sumatra Barat semakin meningkat,” ujarnya.

Walikota Pekanbaru diwakili Asisten II Ingot Ahmad Hutasuhut menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Tanah Datar telah memilih Pekanbaru sebagai lokasi pelaksanaan launching CoE Pariwisata Tanah Datar. (farid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *