Lama Menunggu, Akhirnya ‘Jalan Perjuangan’ Dibuka, Mimpi Warga Kubang Terwujud

Deri Asta bersama GM PT Bukit Asam, Yulfaizon dan Plt Kadis PUPR, Marwan.
Deri Asta bersama GM PT Bukit Asam, Yulfaizon dan Plt Kadis PUPR, Marwan.

Sawahlunto, Kurenah.com – Walikota Sawahlunto Deri Asta meninjau pelaksanaan pembukaan Jalan Perjuangan dari titik nolnya di Dusun Luak Badai, Desa Kubang Utara Sikabu, Kecamatan Lembah Segar, Sabtu (4/3/2023).

Jalan setapak dari Batutajam Kubang Tangah ke Lugha Juai Dusun Luak Badai Desa Kubang Utara Sikabu ini, adalah jalan yang penuh sejarah perjuangan sejak zaman Belanda, makanya masyarakat Kenagarian Kubang menyebutnya sebagai ‘Jalan Perjuangan’ sampai hari ini.

“Karena jalan setapak yang penuh sejarah perjuangan masyarakat Kenagarian Kubang ini, makanya kita berkewajiban untuk meningkatkannya menjadi jalan yang bisa diakses oleh kendaraan roda empat,” ucap Deri Asta saat meninjau pengerjaan pembukaan akses jalan perjuangan itu.

Kemudian lanjut Deri Asta, Pemko Sawahlunto melalui DPUPR berperan membantu dengan satu unit alat berat, CV. BMK membantu satu unit alat berat juga, untuk biaya Bahan Bakar Minyak (BBM) dan upah operator alat berat itu dibantu oleh PT Bukit Asam.

Baca Juga  Hebat! Tiga Kali Berturut-turut Sawahlunto Raih Piala Adipura

Sementara pemerintah desa membantu dan mendukung dari sisi lainnya yang sesuai regulasi berlaku. Setelah itu masyarakat setempat mendukung dengan memberikan izin bagi tanah mereka untuk terdampak dengan pengerjaan pelebaran jalan tersebut.

“Atas nama Pemko Sawahlunto, kita ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada PT Bukit Asam, CV BMK, niniak mamak dan masyarakat Kenagarian Kubang yang ikut memberikan kontribusinya bersinergi bersama-sama mewujudkan harapan masyarakat Kenagarian Kubang yang sudah lama menggantung ini, “ungkapnya.

Kades Kubang Utara Sikabu, Marwan, mengungkapkan rasa syukur dan terimakasihnya kepada semua pihak yang saat ini merealisasikan harapan masyarakat Kenagarian Kubang.

“Entah sudah berapa kali Walikota Sawahlunto berganti, tapi harapan dan mimpi masyarakat Kenagarian Kubang ini tidak bisa terwujud. Alhamdulillah, dimasa kepemimpinan Bapak Deri Asta lah kami masyarakat Kenagarian Kubang merasakan harapan dan mimpi itu menjadi nyata,” ujar Hendri.

Baca Juga  Lepas Kontingen Sawahlunto ke Pornas Korpri ke XVI, Ini Pesan Ambun Kadri

Ke depannya tetap bersama-sama menuntaskan jalan perjuangan ini dan pembangunan masyarakat Sawahlunto secara keseluruhan. (ris1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *