Bersedekahlah, Pintu Rezeki Pasti Terbuka

Bersedekahlah, Pintu Rezeki Pasti Terbuka
Kompol Syafrizen.

Padang Aro, Kurenah.com – Tidak saatnya lagi meningkatkan gaya hidup, tetapi yang perlu ditingkatkan sedekah. Allah melirik hambanya yang bersedekah.

Demikian disampaikan H. Syafrizen, yang berpangkat Komisaris Polisi (Kompol) yang bertugas sebagai Kabagren Polres Solsel itu.

Dengan bersedekah berarti membuka banyak pintu rezeki. Inilah penyebab orang yang suka bersedekah berlebih terus dan terus berlebih,” tambahnya.

Menurut H. Syafrizen landasan dari suka berbagi tersebut adalah QS Al Imran Ayat 134. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ فِى السَّرَّآءِ وَا لضَّرَّآءِ وَا لْكٰظِمِيْنَ الْغَيْظَ وَا لْعَا فِيْنَ عَنِ النَّا سِ ۗ وَا للّٰهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ 
allaziina yungfiquuna fis-sarrooo-i wadh-dhorrooo-i wal-kaazhimiinal-ghoizho wal-‘aafiina ‘anin-naas, wallohu yuhibbul-muhsiniin

“Artinya, orang-orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.” (QS. Ali ‘Imran 3: Ayat 134)

Selanjutnya adalagi pedoman kita sesuai surat At Thalaq ayat ayat 7

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

لِيُنْفِقْ ذُوْ سَعَةٍ مِّنْ سَعَتِهٖ ۗ وَمَنْ قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهٗ فَلْيُنْفِقْ مِمَّاۤ اٰتٰٮهُ اللّٰهُ ۗ لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا مَاۤ اٰتٰٮهَا ۗ سَيَجْعَلُ اللّٰهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُّسْرًا
liyungfiq zuu sa’atim ming sa’atih, wa mang qudiro ‘alaihi rizquhuu falyungfiq mimmaaa aataahulloh, laa yukallifullohu nafsan illaa maaa aataahaa, sayaj’alullohu ba’da ‘usriy yusroo

Baca Juga  Tokoh Muda, Sultan Alif Baloen Tuanku Mudo Nyaleg Lewat PKB

“Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya.

Katanya, Allah tidak membebani seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.”
(QS. At-Talaq 65: Ayat 7)

Selain itu dalam Alquran, Surah Ali Imran ayat 134 dan At-Thalaq ayat 7 menerangkan bahwa tanda-tanda orang yang bertaqwa adalah orang yang mampu menginfakkan hartanya (sedekah) dalam keadaan lapang dan sempit.

Alquran Surah Al-Baqarah ayat 274

اَلَّذِيۡنَ يُنۡفِقُوۡنَ اَمۡوَالَهُمۡ بِالَّيۡلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً فَلَهُمۡ اَجۡرُهُمۡ عِنۡدَ رَبِّهِمۡ‌ۚ وَلَا خَوۡفٌ عَلَيۡهِمۡ وَلَا هُمۡ يَحۡزَنُوۡنَ

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Rabbnya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.”

Alquran Surah Al-Baqarah ayat 261, artinya sebagai berikut.

Baca Juga  KAN Berperan Penting Menjaga Adat Istiadat dan Budaya Daerah

“Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”.

Berdasarkan ayat tersebut, bagi orang yang suka bersedekah maka Allah akan berikan pahala yang berlipat ganda. Maka tidak ada ruginya jika melakukan sedekah di waktu sempit dan susah karena nantinya akan Allah ganti dengan imbalan yang berlipat ganda.

In Syaa Allah dengan bersedekah buat hidup kita berlebih terus dan terus berlebih. (alwis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *