Terkendala Silon, PDI P Terlambat Mendaftarkan Bacalegnya

Terkendala Silon, PDI-P Solok SelatanTerlambat Mendaftarkan Bacalegnya
Pimpinan PDIP Solok Selatan berikan keterangan pers.

Solok Selatan, Kurenah.com – Terkendala Sisten Informasi Calon (Silon), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Solok Selatan terlambat mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) ke KPU setempat.

Ketua DPD PDI Perjuangan Solok Selatan, Rapialdi mengatakan PDI-P akan melengkapi administrasi pencalon bacalegnya ke KPU. Partai berlambang banteng itu tiba di KPU pukul 16.00 wib, sehingga hanya menyerahkan berkas secara simbolis saja kepada ketua KPU Nila Puspita.

“Bacaleg kita lengkap 25 orang, target 3 Kursi di DPRD Solsel, 1 di provinsi dan 1 kursi di pusat,” ujar Rapialdi saat keterangan pers di kantor KPU Solsel, Jumat (12/5/2023) sore.

Dia memberi masukan ke penyelenggara Pemilu, termasuk kepada Pemkab Solok Selatan.

Perlu pos-pos pelayanan administrasi Bacaleg, baik pengurusan SKCK di Polres Solok Selatan, di rumah sakit, dan pengadilan seharusnya ada loket tambahan.

Baca Juga  SMAN 2 Sutera Fasilitasi Perekaman e-KTP untuk Siswa, Meningkatkan Partisipasi Pemilu dan Akses Kependudukan

Sehingga Bacaleg tidak stres menunggu antrian dengan masyarakat yang mengurus di tiga instansi tersebut.

Seperti dicontohkannya di RSUD Solok Selatan, antri bersama pasien-pasien yang jumlahnya cukup banyak. Bacaleg pun banyak, sehingga butuh berhari-hari untuk pemeriksanaan pengurusan administrasi Bacaleg.

“Bukan kami Bacaleg unruk diistimewakan, tapi belajar disiplin dari bank. Telernya di tambah pada Jumat, sehingga pelayanan lancar. Ini harapan kami pada Pemilu 2029 nanti,” ujarnya.

Sementara, Ketua KPU Solok Selatan Nila Puspita mengatakan, dua parpol sudah datang ke KPU untuk mendaftarkan Bacalegnya, yakni PDIP dan Nasdem. Namun keduanya ada kendala submit ke DPP, sehingga saat penyerahkan berkas belum diberikan tanda terima oleh KPU kepada pengurus partai bersangkutan.

“Kita belum berikan tanda terima mendaftar, yang diserahkan pengajuan bakal calonnya, belum silon. Besok mereka akan melengkapi pendaftaran ke KPU,” paparnya.

Baca Juga  Solok Selatan Rumuskan Master Plan Smart City

Besok kira-kira ada 3 partai akan datang, tapi apakah submit ke silonnya sudah sampai ke DPP nya.

“Kita belum bisa mengkomfirmasi siapa saja partai yang datang mendaftar tersebut,” titurnya. (alwis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *