Bupati Pesisir Selatan Serukan agar Tidak Menggunakan Air dalam Kemasan di Kantor

Bupati Pesisir Selatan Serukan agar Tidak Menggunakan Air dalam Kemasan di Kantor
Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar.

Painan, Kurenah.com – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar menyerukan kepada aparatur agar tidak lagi menggunakan air dalam kemasan (botol plastik) untuk kebutuhan makan dan minum rapat di kantor.

Seruan ini disampaikan Bupati Rusma Yul Anwar usai membacakan Sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof. Dr Ir Siti Nurbaya, M.Ac, pada Momentum Upacara memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023 di Kabupaten Pesisir Selatan, Senin (5/6/2023).

“Ke depan, kita perlu memikirkan bersama untuk pengganti air minuman saat rapat ini,” ujarnya.

Menurut Bupati Rusma Yul Anwar, imbauan untuk mengurangi atau meniadakan pemakaian minuman kemasan botol plastik bagi aparatur pemerintah daerah, sebagai komitmen dan dukungan terhadap kampanye Program Lingkungan PBB (UNEP) yakni #beatplastikcpollution pada Peringan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023.

Sebagaimana diamanahkan dalam Sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, yang dibacakan Bupati Rusma Yul Anwar pada Upacara Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023 di Pesisir Selatan.

Baca Juga  Sukses di Padang, PWI Sumbar akan Gelar Workshop Pesisir Selatan Teacher Fest 2023

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023 adalah Solutions to Plastic Pollution (Solusi untuk Polusi Plastik), dengan mengusung slogan kampanye #beatplasticpollustion.

Sebagai tuan rumah Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023 adalah Pantai Gading, sebuah Negara di Afrika Barat yang berbatasan dengan Liberia, Guinea, Mali, Burkina Faso, dan Ghana di sebelah barat, utara dan timur serta dengan Teluk Guinea di sebelah selatan.

Polusi plastik adalah ancaman nyata yang berdampak pada setiap setiap komunitas di seluruh dunia.

Diproyeksikan oleh UNEP PBB, bahwa pada tahun 2040 akan terdapat 29 juta ton plastik masuk ke ekosistem perairan, jelas Prof. Dr Ir Siti Nurbaya, M.Ac, dan menyeruhkan semua stake holder untuk bersama-sama menemukan dan memperjuangkan solusi untuk plastik ini.

Baca Juga  Kemampuan Fiskal Rendah, Bupati Pessel Lakukan Ini

Hari Linkungan Hidup Sedunia diperingati setiap 5 Juni, dimulai ketika Majelis Umum PBB tahun 1972 menetapkan 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Konfrensi Stockholm, Sewdia. (baron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *