Pemkab Solsel Targetkan Penilaian SAKIP Tahun 2023 Raih Predikat BB

Pemkab Solsel Targetkan Penilaian SAKIP 2023 Raih Prediket BB
Bupati Solok Selatan, Khairunas.

Padang Aro, Kurenah.com – Bupati Solsel, Khairunas menargetkan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Solok Selatan dapat melompat menjadi BB.

“Sudah delapan belas kali APBD pemerintah kabupaten, seluruh penanggungjawab perangkat daerah hari ini kami dorong dan minta keseriusannya. Maka dengan kedatangan narasumber ini nilai SAKIP kita harus BB,” tegas Bupati Khairunas, Rabu (21/6/2023).

Menurut Khairunas, untuk mendapatkan nilai SAKIP menjadi BB, semua penanggungjawab pada OPD harus berjibaku, bekerjasama, yang terpenting adalah supertim.

SAKIP merupakan instrumen yang digunakan instansi dalam memenuhi kewajiban untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan maupun kegagalan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Baca Juga  Pemkab Solsel Minta Kader KB Kawal Pengentasan Stunting

Instrumen tersebut terdiri dari berbagai komponen yang merupakan suatu kesatuan yaitu perencanaan strategis, perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja serta evaluasi kinerja.

Bupati menegaskan beberapa lompatan yang dilakukan untuk meningkatkan nilai SAKIP ternyata belum sesuai dengan yang diharapkan. Karena nilai Sakip Solok Selatan masih belum beranjak juga dari CC.

Kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan data kemampuan pejabat perangkat daerah yang melek digital. Dari 30 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), terdapat 12 orang Sekretaris Dinas yang tidak cakap menggunakan teknologi atau melek digital setelah dilakukan uji kompetensi.

“Yang tidak bisa mengoperasionalkan teknologi tersebut, tentunya juga berpengaruh terhadap SAKIP, apa yang harus dia kerjakan, bagaimana dia bisa memerintahkan bawahannya,” terangnya. (alwis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *