Sumbar  

Puluhan Ribu Peserta Penas Tani dan 6 Gubernur Telah Tiba di Padang

Puluhan Ribu Peserta Penas Tani dan 6 Gubernur Telah Tiba di Padang
Gubernur Sumbar, Mahyeldi, bersama Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, cek persiapan penas tani.

Padang, Kurenah.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memastikan segala persiapan penyelenggaraan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI tahun 2023 rampung 100 persen.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, mengatakan setelah melakukan peninjauan lapangan bersama Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, Jumat, (9/6/2023).

“Kita sudah cek bersama Pak Menteri. Alhamdulillah, segala persiapan sudah rampung semua,” ungkap Mahyeldi.

Diharapkannya, pembukaan Penas Sabtu pagi besok (10/9) dapat berjalan sukses dan lancar, karena akan dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi negara dan puluhan ribu peserta dari berbagai provinsi di Indonesia.

Berdasarkan informasi dari pihak panitia, terdapat sejumlah menteri yang dijadwalkan akan hadir dalam pembukaan iven tersebut. Seperti Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir.

Kemudian juga ada Menteri Agraria dan Tata Ruang, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Mulyo, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak I Gusti Ayu Bintang.

Baca Juga  Mengejar Prestasi, Solok Selatan Bekerja Supertim

Selain dari jajaran Kabinet Indonesia Maju, juga akan hadir Ketua DPR RI, Puan Maharani. Ketua DPD RI La Nyalla Mataliti. Gubernur Bank Indonesia dan sejumlah pejabat lainnya.

Gubernur Mahyeldi menyebut, berdasarkan data dari panitia, per hari ini sudah puluhan ribu peserta Penas Tani berada di Sumbar. Bahkan, enam gubernur juga telah hadir di Padang sejak Kamis dan Jumat pagi.

Seperti Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru. Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman. Gubernur Jambi, Al Haris. Gubernur Maluku, Murad Ismail dan perwakilan Gubernur Papua, Asisten II pemerintahan setempat.

Baca Juga  Menteri Pertanian Apresiasi Perkembangan Pesat Sektor Pertanian Kabupaten Solok

Gubernur Mahyeldi menambahkan, dalam iven nasional ini, keterlibatan peserta dan masyarakat sekitar sangat tinggi.

Keterlibatan peserta tersebut terlihat dari adanya kegiatan gelar teknologi, dimana para peserta diberikan ruang untuk menampilkan berbagai karya inovasinya dalam bentuk pameran.

Sedangkan untuk keterlibatan masyarakat sekitar, tampak dari pemanfaatan ribuan rumah warga sekitar untuk pemondokan para peserta dengan menerapkan sistem sewa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *