Batagak Gala Datuak, Gubernur Dukung Pelestarian Adat dan Budaya di Sumbar

Batagak Gala Datuak, Gubernur Dukung Pelestarian Adat dan Budaya di Sumbar
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, saat menghadiri batagak gala Ryan Dahniel Datuak Ampang Basa.

Solok, Kurenah.com – Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah Dt. Marajo, hadiri pengukuhan batagak gala Ryan Dahniel Datuak Ampang Basa Dubalang Suku Jambak, Nagari Talang, Kabupaten Solok, Sabtu (22/7/2023).

Mahyeldi menegaskan pemerintah mendukung segala upaya pelestarian nilai-nilai adat dan budaya di Sumbar.

“Hari ini kita hadir di sini sebagai cerminan pemerintah mendukung kelestarian adat budaya dan kearifan lokal di Sumbar,” tegas Mahyeldi.

Ia menyebut, tidak hanya di tingkat provinsi itu diakui, tapi telah secara nasional, sebagaimana dituangkan dalam Undang-Undang No 17 Tahun 2022 tentang Provinsi Sumatera Barat.

Gubernur juga menjelaskan, pentingnya peran tokoh adat dalam mensukseskan pembangunan daerah. Ia menyebut, itu telah dilakukan saat pihaknya melakukan pembebasan lahan tol ruas padang – sicincin dan berhasil.

Baca Juga  Apel Gabungan Pemkab Solok, Ini Arahan Sekda Medison

“Semula progresnya sangat lambat, bahkan ada yang mengira itu tidak akan berhasil. Tapi akhirnya tuntas, berkat kolaborasi pemerintah dengan tokoh adat,” ungkapnya.

Gubernur memahami, menyandang gelar adat (penghulu) tidaklah mudah, karena banyak hal yang mesti dijaga dan diperankan oleh seorang penyandang gelar adat serta mereka juga harus paham norma adat dan agama.

“Menjadi ‘Datuak’ (Penghulu) itu tidak mudah, ada tanggung jawab besar yang diletakkan di pundaknya baik terhadap anak kemenakan, kaum hingga masyarakat,” kata Mahyeldi.

Mahyeldi menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan acara yang berlangsung dengan aman dan lancar. Kemudian, ia juga mengucapkan selamat kepada Ryan Dahniel yang telah dikukuhkan menyandang gelar Datuak Ampang Basa.

Baca Juga  Waspada! Penipuan Berkedok Donasi Menyertakan Nama Gubernur sebagai Donator, Ini Kata Kabiro Adpim

“Selamat mengemban amanah kepada Datuak Ampang Basa pangulu kaum suku jambak yang baru saja dikukuhkan. semoga dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya,” tutupnya. (*/gp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *