Bupati Solok Hadiri Alek Mambadak Masjid Baitul Ikhlas Nagari Salimpek

Bupati Solok Hadiri Alek Mambadak Masjid Baitul Ikhlas Nagari Salimpek
Bupati Solok disambut tokoh masyarakat Nagari Salimpek.

Solok, Kurenah.com – Tradisi alek mambadak menjadi tradisi di Nagari Salimpek masih dipertahankan oleh masyarakat setempat. Upacara adat ini dalam rangka pembersihan dan membangun kembali Masjid Baitul Ikhlas Jorong Tanjung Balik.

Upacara adat diawali dengan resepsi pambaliak baban dari 4 suku, yakni Melayu, Chaniago, Panai dan Tanjuang, Minggu, 9 Juli 2023. Dihadiri Bupati Solok Epyardi Asda, Ketua TP PKK Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, Pimpinan beserta anggota DPRD, asisten I Syahrial, Kepala OPD dan undangan lainnya.

Walinagari Salimpek Zulfikar mengatakan alek Nagari Mambadak Masjid inu merupakan yang ke dua kali digelar. “Pertama kita lakukan di Jorong Taratak Baru yaitu Masjid Tauhid,” tuturnya.

Pimpinan DPRD Kabupaten Solok Ivony Munir, bersama pemkab akan berupaya sebaik mungkin bagaimana pembangunan masuk di Nagari Salimpek ini. “Kami mohon dukungan semoga kami diberikan kelancaran dalam melaksanakan tugas dengan baik dalam membangun Kabupaten Solok ini,” ujar politisi PAN itu.

Baca Juga  Kabupaten Solok Sentra Produksi Bawang Merah Terbesar Keempat di Indonesia

Bupati Solok, Epyardi Asda berharap semoga Nagari Salimpek ini dengan kerjasama bisa kita bangun dan membawanya berjaya.

Dengan adanya kegiatan ini menandakan bahwa masyarakat taat agama dan masyarakatnya suka meramaikan rumah Allah seperti masjid.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Solok akan membantu masjid ini sebesar Rp10 juta,” ujar bupati.

Epyardi Asda menyampaikan terimakasih kepada seluruh tokoh masyarakat yang telah memberikan usulan-usulan yang dibutuhkan untuk pembangunan di Nagari Salimpek seperti lampu jalan dan arus listrik Jorong Tanjung Balik.

Baca Juga  Singkarak Fun Camp dan Launching Calender of Even 2023 Dimulai

Pendistribusian LPG 3 Kg subsidi, Balai-balai adat di Nagari Salimpek, dan percepatan pembangunan jalan di Jorong Aia Karuah. (dd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *